Hubungan antara Tindakan Menjaga Kebersihan Rongga Mulut dengan Indeks DMF-T pada Kelompok Usia 12 Tahun (SD Negeri 22 Andalas Barat)

Athika, Khairunnisa (2016) Hubungan antara Tindakan Menjaga Kebersihan Rongga Mulut dengan Indeks DMF-T pada Kelompok Usia 12 Tahun (SD Negeri 22 Andalas Barat). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstract lengkap fix.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
FIX SELAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Masalah kesehatan rongga mulut terbesar yang umum dihadapi yaitu karies. Salah satu faktor penting penyebab terjadinya karies yaitu kurangnya tindakan menjaga kesehatan rongga mulut. Nilai kebersihan rongga mulut penting diketahui tiap individu. Hal tersebut berperan dalam upaya pencegahan terhadap terjadinya karies. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tindakan menjaga kebersihan rongga mulut dengan indeks DMF-T pada kelompok usia 12 tahun di SD Negeri 22 Andalas Barat Padang. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah murid SD Negeri 22 Andalas Barat Padang yang berjumlah 54 orang dengan metode total sampling. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan April 2016. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan indeks DMF-T. Analisis data menggunakan uji Chi-square dengan derajat kepercayaan 95% α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan tindakan menjaga kebersihan rongga mulut paling banyak berada pada kategori kurang baik. Lebih dari separuh total responden memiliki indeks DMF-T tidak baik. Terdapat hubungan yang bermakna antara tindakan menjaga kebersihan rongga mulut dengan indeks DMF-T p-value= 0,029. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan terdapat hubungan yang bermakna antara tindakan menjaga kebersihan rongga mulut dengan indeks DMF-T. Kata Kunci: Tindakan menjaga kebersihan rongga mulut, Indeks DMF-T.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 15 Jul 2016 03:08
Last Modified: 15 Jul 2016 03:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10434

Actions (login required)

View Item View Item