Penyusunan Crash Program Dengan Pertimbangan Perataan Sumberdaya Manusia Pada Proyek Pembangunan Kampus III UIN Imam Bonjol

Fajri, Oktaviana Lestari (2022) Penyusunan Crash Program Dengan Pertimbangan Perataan Sumberdaya Manusia Pada Proyek Pembangunan Kampus III UIN Imam Bonjol. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir full text)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penjadwalan proyek adalah perencanaan alokasi sumberdaya yang dapat memberikan informasi tentang jadwal rencana dan kemajuan proyek dalam hal kinerja sumberdaya berupa biaya, tenaga kerja, peralatan, dan material serta rencana durasi proyek dan progress waktu untuk penyelesaian proyek. Tujuan penelitian ini adalah melakukan simulasi crash program yang efektif untuk pemerataan sumberdaya (resource levelling) proyek. Data yang digunakan adalah data primer yaitu metode konstruksi yang digunakan dan keadaan lokasi proyek, serta data sekunder berupa kurva S, bill of quantity (BOQ), durasi pekerjaan, jumlah tenaga kerja (pekerja), Analisis Harga Satuan Pekerjaan (AHSP SNI), dan laporan mingguan proyek. Data-data ini akan digunakan untuk mengetahui dan menentukan titik mula dilakukan percepatan proyek dimana simulasi percepatan proyek (crash program) dan perataan sumberdaya (resource levelling) akan dilakukan pada software Microsoft Project 2016. Hasil penelitian diperoleh bahwa proyek dapat selesai dalam durasi 86,14 yaitu pada tanggal 17 Oktober 2022 dengan biaya total sebesar Rp. 138.773.430.118. Artinya durasi proyek dapat dipercepat hingga 1,56 minggu dan biaya total dapat dihemat sebesar Rp. 994.105.500.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Akhmad Suraji, M.T., Ph.D., IPM
Uncontrolled Keywords: penjadwalan, crash program, resource levelling, durasi, biaya total
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 17 May 2022 09:25
Last Modified: 17 May 2022 09:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/104064

Actions (login required)

View Item View Item