PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN SURAT PERJALANAN DINAS (SPD) BERBASIS WEB PADA BADAN PERTANAHAN NASIONAL KABUPATEN PESISIR SELATAN

Muhammad, Hasbillah (2022) PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN SURAT PERJALANAN DINAS (SPD) BERBASIS WEB PADA BADAN PERTANAHAN NASIONAL KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover + abs.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 penutup)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Laporan Bab I-VI + Lampiran Tugas Akhir_Muhammad Hasbillah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Pesisir Selatan merupakan lembaga pemerintah nonkementerian di Indonesia yang mempunyai tugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pertanahan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Dalam melaksanakan tugas-tugasnya Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Pesisir Selatan sering melakukan kegiatan perjalanan dinas untuk memenuhi sebagian tugas yang dilakukan oleh para pegawainya. Dengan tingkat kebutuhan perjalanan dinas yang terbilang tinggi tersebut maka dibutuhkan pengelolaan surat perjalanan dinas yang efektif, namun hal ini bertolak belakang dengan kondisi pengelolaan surat perjalanan dinas yang masih berjalan secara manual, yakni pegawai yang ingin mengajukan permintaan surat perjalanan dinas pada BPN Kabupaten Pesisir Selatan harus mengajukan langsung kepada admin bagian tata usaha, selanjutnya admin tata usaha akan memproses permintaan tersebut lalu meneruskan surat kepada kepala tata usaha selaku pejabat pembuat komitmen untuk mengesahkan surat perjalanan dinas tersebut. Admin juga melakukan pencatatan surat perjalanan dinas yang telah dikeluarkan secara manual yaitu dengan mencatatnya kedalam sebuah buku yang telah disediakan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka perlu dibangun sebuah sistem informasi untuk memudahkan pihak BPN Kabupaten Pesisir Selatan dalam pengelolaan surat perjalanan dinas. Tujuan penelitian ini ialah terciptanya sebuah sistem informasi pengelolaan surat perintah perjalanan dinas berbasis web yang mampu membantu memberikan keefektifan dan efisienan dalam menjalankan alur proses pembuatan surat perjalanan dinas, memberikan kemudahan dalam proses pembuatan surat perjalanan dinas yang sudah terkomputerisasi dan tersimpan dalam database dan dapat mengolah data menjadi informasi yang dibutuhkan bagi pihak terkait. Sistem informasi ini dikembangkan dengan menggunakan Bahasa pemrograman PHP (Hypertext Preprocessor), Framework Laravel, dan DBMS MySQL. Metodologi penelitian yang digunakan adalah dengan melakukan observasi, wawancara, analisis dokumen yang ada, Studi literatur sebagai landasan teori dan metode pengembangan sistem menggunakan metode waterfall. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah terbangunnya sebuah sistem informasi pengelolaan surat perjalanan dinas yang sesuai dengan kebutuhan dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ricky Akbar, M.Kom.
Uncontrolled Keywords: Surat Perjalan Dinas, Sistem Informasi, BPN, Framework Laravel, PHP.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 13 May 2022 08:04
Last Modified: 13 May 2022 08:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/103427

Actions (login required)

View Item View Item