STUDI KASUS : KESIAPSIAGAAN KELUARGA DENGAN ANAK BALITA DALAM PERSIAPAN MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DI RW 14 KELURAHAN PASIE NAN TIGO

Azzimaturrahma, Rahma (2022) STUDI KASUS : KESIAPSIAGAAN KELUARGA DENGAN ANAK BALITA DALAM PERSIAPAN MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DI RW 14 KELURAHAN PASIE NAN TIGO. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak .pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img] Text (KIA Full Text)
KIA FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bencana gempa bumi merupakan kejadian yang tidak dapat dihindari dan terjadi secara mendadak. Saat terjadinya gempa bumi kelompok usia anak balita menjadi salah satu kelompok usia rentan yang harus diperhatikan dikarenakan belum bisa menyelamatkan diri sendiri, sehingga mereka mengalami trauma fisik dan psikikologis. Keluarga memiliki peran untuk mempersiapkan kesiapsiagaan sebelum bencana dikarenakan anak-anak belum bisa menyelamatkan diri sendiri. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi kesiapsiagaan keluarga dengan anak balita dalam persiapan menghadapi bencana gempa bumi di RW 14 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Kriteria inklusi partisipan pada penelitian ini adalah ibu dengan anak balita RW 14 Kelurahan Pasie Nan Tigo, dan bersedia menjadi responden. Dari hasil penelitian didapatkan 2 tema. Pertama, Pengetahuan keluarga menghadapi bencana gempa bumi dimana sudah mengetahui tentang gempa bumi dan kesiapsiagaan tentang tas siaga bencana namun masih pengetahuan dasar. Kedua Rencana tanggap darurat dimana partisipan belum menyiapan kebutuhan yang diperlukan untuk anak balita dan sudah mempersiapan diri dari segi sistim peringatan dan infromasi bencana dan rencana evakuasi. Keluarga yang Memiliki anak balita maka dari itu, diharapakan dapat meningkatkan pengetahuan tentang kesiapsiagaan bencana serta menyiapkan perlengkapan siaga bencana untuk anak balita jika sebelum terjadinya bencana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: 1. Ns. Feri Fernandes, M.Kep., Sp.Kep.J
Uncontrolled Keywords: keluarga dengan anak balita, gempa bumi, kesiapsiagaan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 11 May 2022 09:00
Last Modified: 11 May 2022 09:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/102342

Actions (login required)

View Item View Item