FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN METODE KONTRASEPSI JANGKA PANJANG (MKJP) PADA PASANGAN USIA SUBUR (PUS) LITERATUR REVIEW

Regina, Dwi Anisa (2022) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN METODE KONTRASEPSI JANGKA PANJANG (MKJP) PADA PASANGAN USIA SUBUR (PUS) LITERATUR REVIEW. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER+ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 6)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Latar belakang dan Tujuan Penelitian Kontrasepsi adalah cara untuk menjarangkan kehamilan, menunda kehamilan pada usia muda yang berisiko tinggi mengalami masalah kesehatan, dan mencegah kehamilan di antara wanita lansia yang juga menghadapi peningkatan risiko dengan menggunakan alat atau obat. MKJP merupakan metode kontrasepsi yang sangat efektif bagi PUS. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pemilihan MKJP pada PUS. Metode Jenis penulisan ini adalah literature review, dilakukan pada bulan Februari 2021-Januari 2022. Data dikumpulkan melalui perpustakaan digital yaitu: Sciencedirect, PubMed, Scopus, Repositori Elektronik Google Scholar, dan Portal Garuda dengan menggunakan kriteria inklusi dan ekslusi. Analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil Pencarian jurnal dilakukan melalui database, kemudian pemilihan jurnal berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi, duplicate jurnal, judul, abstrak, bahasa, reputasi atau indeks jurnal dan relevansi topik, hingga menghasilkan 27 jurnal yang akan dianalisis. Kesimpulan Hal yang berhubungan dengan faktor pemilihan MKJP pada PUS adalah usia, pendidikan, pelayanan kesehatan, ras & etnis, pendapatan, paritas, tempat tinggal, agama, status ekonomi, persepsi, biaya, sikap, pengetahuan, dukungan suami, efek samping, pekerjaan dan pengambilan keputusan. Pada negara maju adanya hubungan faktor dengan pemilihan MKJP pada PUS, pada negara berkembang sebagian besar adanya hubungan faktor terhadap pemilihan MKJP dan beberapa yang tidak memiliki hubungan faktor dengan pemilihan MKJP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Elly Usman, MSi, Apt.
Uncontrolled Keywords: MKJP, Pemilihan MKJP, Pasangan Usia Subur
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 08 Apr 2022 07:00
Last Modified: 08 Apr 2022 07:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/101333

Actions (login required)

View Item View Item