Evita, Nuraisyah (2022) Pemanfaatan Modal Sosial Pengusaha Keripik Tempe Matahari Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kecamatan Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (194kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 1)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version Download (257kB) | Preview |
|
|
Text (Bab IV Penutup)
BAB IV Penutup.pdf - Published Version Download (128kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (134kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI Evita Nuraisyah 1810812022 full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pembimbing I Dra. Dwiyanti Hanandini M.Si, Pembimbing II Drs. Rinaldi Eka Putra M.Si. Jurusan Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik. Universitas Andalas. 2022. Pada masa pandemi covid-19 Usaha Kecil Menengah (UKM) berusaha mempertahankan usahanya tersebut karena terkendala pada penjualan yang semakin menurun. Para pelaku UKM yang terdampak pada masa pandemi covid-19 ini adalah pada bidang makanan dan minuman. Mereka merasakan dampak berkurangnya penjualan, kekurangan modal, kenaikan bahan baku dan juga terhambatnya dalam segi distribusi. Salah satu UKM yang terdampak Covid-19 di Kecamatan Koto Baru Kabupaten Dharmasraya adalah UKM keripik tempe. Rata-rata usaha keripik tempe ini mengalami penurunan omzet, tetapi ada salah satu usaha keripik tempe yang mengalami kenaikan omzet pada saat pandemi covid-19. Berbeda dengan pengusaha keripik tempe lainnya, keripik tempe matahari ini malah mengalami dampak yang positif pada masa pandemi covid-19. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan pemanfaatan kepercayaan (trust) dalam usaha keripik tempe matahari dimasa pandemi covid-19 dan mendeskripsikan pemanfaatan jaringan sosial (social network) dalam usaha keripik tempe matahari dimasa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan teori modal sosial oleh Lawang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Pemilihan informan ini adalah dengan cara purposive sampling dan teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara mendalam. Temuan penelitian ini antara lain pemanfataan kepercayaan yang didalamnya terdapat konsumen yang menggunakan media sosial, dan kepercayaan pemilik keripik tempe matahari dengan pemilk warung-warung. Pemanfaatan jaringan sosial yang didalamnya terdapat hubungan antara pemasok bahan baku dengan pemilik keripik tempe matahari, penjualan melalui reseller, penjualan melalui supermarket dan juga penjualan melalui melalui warung-warung. Pemanfaatan norma sosial yaitu pemilik keripik tempe matahari mempergunakan tenaga kerja tetangga. Serta adanya resiprositas antar sesama pengusaha keripik tempe.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dra. Dwiyanti Hanandini M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Kepercayaan, Jaringan, Keripik Tempe, Modal Sosial |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi |
Depositing User: | s1 sosiologi sosiologi |
Date Deposited: | 08 Apr 2022 07:32 |
Last Modified: | 08 Apr 2022 07:32 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/101220 |
Actions (login required)
View Item |