Qisthina, Anira (2016) Pengaruh Credibility, Perceived Usefulness, dan Perceived Ease of Use terhadap Intention pada Penggunaan Internet Banking di Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Payakumbuh. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version Download (131kB) | Preview |
|
|
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (253kB) | Preview |
|
|
Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Download (138kB) | Preview |
|
|
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (346kB) | Preview |
|
Text (skkripsi full)
BAB 1-5.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Internet banking sedang gencar dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan perbankan di Indonesia, namun tidak semua perusahaan mampu mengintegrasikan dengan baik strategi penerapan internet banking tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui 1) pengaruh credibility terhadap intention, 2) pengaruh credibility terhadap perceived usefulness, 3) pengaruh credibility terhadap perceived ease of use, 4) pengaruh perceived usefulness terhadap intention, dan 5) pengaruh perceived ease of use terhadap intention. Jenis penelitian explanatory research dengan metode penelitiannya survey explanatory dan penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah nasabah bank BNI cabang Payakumbuh yang pernah menggunakan Internet Banking maupun yang pernah mendengar informasi tentang Internet Banking. Ukuran sampel adalah 85 responden, teknik pengambilan sampel adalah convenience sampling. Data primer didapatkan dengan menyebarkan 85 kuesioner kepada responden. Analisis data dengan statistik deskriptif dan SEM (Stuctural Equation Model) dan diolah menggunakan software SmartPLS. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa adanya pengaruh positif credibility terhadap intention, credibility terhadap perceived usefulness, credibility terhadap perceived ease of use, dan perceived ease of use terhadap intention. Selain itu ditemukan juga bahwa adanya pengaruh negatif yaitu perceived usefulness terhadap intention. Namun dalam penelitian ini ditemukan bahwa perceived usefulness dan perceived ease of use secara signifikan tidak mempengaruhi intention, sedangkan credibility secara signifikan mempengaruhi perceived usefulness, perceived ease of use, dan intention nasabah menggunakan internet banking di BNI cabang Payakumbuh. Implikasi penelitian ini, bank BNI harus terus meningkatkan value dari pelayanan internet banking dan mengurangi resiko yang muncul.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | S1 Manajemen Fakultas Ekonomi |
Date Deposited: | 13 Jun 2016 04:13 |
Last Modified: | 13 Jun 2016 04:13 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10022 |
Actions (login required)
View Item |