FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN STUNTING PADA ANAK USIA 0-23 BULAN DI KABUPATEN AGAM (ANALISIS DATA SEKUNDER)

Fadhilah, Zahara (2021) FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN STUNTING PADA ANAK USIA 0-23 BULAN DI KABUPATEN AGAM (ANALISIS DATA SEKUNDER). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
Text ( BAB 1 (Pendahuluan)).pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir Penutup)
Text ( BAB Akhir (Penutup)).pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Text ( Daftar Pustaka ).pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Text ( Skripsi Ilmiah Utuh ).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Text ( Cover dan Abstrak )-1.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tujuan Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga menyebabkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar umur. Prevalensi balita stunting di Kabupaten Agam pada tahun 2021 adalah sebesar 10,7% dan termasuk yang tertinggi kelima di Sumatera Barat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang barhubungan dengan kejadian stunting pada anak usia 0-23 bulan di Kabupaten Agam. Metode Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan desain case control. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Agam pada bulan September-Oktober 2021 dengan menggunakan data sekunder. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 88 sampel yang terbagi kedalam 44 sampel pada kelompok kasus dan 44 sampel pada kelompok kontrol. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis univariat dan analisis bivariat. Hasil Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan secara statistik antara asupan energi, protein, lemak, dan karbohidrat ibu selama kehamilan dengan kejadian stunting pada anak usia 0-23 bulan. Sedangkan status gizi ibu, riwayat ASI Eksklusif, dan riwayat penyakit infeksi tidak memiliki hubungan yang signifikan secara statistik dengan kejadian stunting pada anak usia 0-23 bulan. Kesimpulan Asupan energi, protein, lemak, dan karbohidrat ibu selama kehamilan merupakan faktor risiko kejadian stunting pada anak usia 0-23 bulan di Kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Helmizar, SKM, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: anak usia 0-23 bulan, energi, karbohidrat, lemak, protein, stunting
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 10 Feb 2022 07:59
Last Modified: 10 Feb 2022 07:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/99411

Actions (login required)

View Item View Item