HUBUNGAN KESIAPAN MENJADI IBU DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK PRASEKOLAH DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KEBUN SIKOLOS KOTA PADANG PANANG TAHUN 2021

Raisatul, Mahmudah (2022) HUBUNGAN KESIAPAN MENJADI IBU DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK PRASEKOLAH DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KEBUN SIKOLOS KOTA PADANG PANANG TAHUN 2021. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (400kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir FullText)
Skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kurangnya kesiapan menjadi ibu dapat berdampak pada perkembangan anak prasekolah, termasuk perkembangan sosial. Perkembangan sosial yang tidak terpenuhi pada anak prasekolah dapat menyebabkan anak menjadi pasif, takut, dan kurang inisiatif. Penelitian ini difokuskan pada kesiapan menjadi ibu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kesiapan menjadi ibu dengan perkembangan sosial anak prasekolah di wilayah kerja Puskesmas Kebun Sikolos Kota Padang Panjang. Metode penelitian ini menggunakan desain korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah ibu yang memiliki anak prasekolah pada tujuh posyandu terbesar di wilayah kerja Puskesmas Kebun Sikolos. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling sebanyak 93 responden. Alat ukur yang digunakan adalah Maternal Role Attainment Scale (MRAS) untuk mengukur kesiapan ibu dan Vineland Social Maturity Scale (VSMS) untuk mengukur perkembangan sosial. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata kesiapan ibu adalah 106,94 yang merupakan kesiapan sedang dan skor rata-rata adalah 122,06 yang merupakan perkembangan sosial sedang. Hasil analisa bivariat menggunakan uji Spearman rank menunjukkan nilai p=0,000 dan nilai r=0,388 yang berarti ada hubungan yang bermakna antara kesiapan ibu dengan perkembangan sosial anak dengan kekuatan hubungan lemah dan arah positif. Hal ini berarti semakin tinggi kesiapan ibu maka semakin baik perkembangan sosial anak. Diharapkan pihak puskesmas dapat memberikan pendidikan kesehatan dan konseling berkelanjutan tentang deteksi dini tumbuh kembang pada anak, kemudian memberikan konseling pranikah kepada calon pengantin serta mengadakan studi intervensi untuk menilai efektifitas program tersebut. Kata Kunci : Anak Prasekolah, Kesiapan Ibu, Perkembangan Sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Ns.Lili Fajria, S.Kep, M.Biomed
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 10 Feb 2022 08:01
Last Modified: 10 Feb 2022 08:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/99402

Actions (login required)

View Item View Item