Upaya Amnesty International dalam Menanggulangi Eksploitasi Ketenagakerjaan oleh Wilmar International Ltd. di Indonesia

Rana, Yeza Afifah (2021) Upaya Amnesty International dalam Menanggulangi Eksploitasi Ketenagakerjaan oleh Wilmar International Ltd. di Indonesia. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I. Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB V. Penutup.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang upaya Amnesty International dalam menanggulangi eksploitasi ketenagakerjaan oleh Wilmar International Ltd di Indonesia. Di Indonesia, industri sawit adalah sektor yang memiliki peran strategis sebagai penyumbang devisa terbesar, akan tetapi di balik kemewahannya terjadi eksploitasi terhadap tenaga kerja/buruh yang bekerja di perkebunan, salah satunya perusahaan Wilmar. Isu eksploitasi ketenagakerjaan ini merupakan bentuk pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang perlu secepatnya diselesaikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana upaya yang dilakukan Amnesty International sebagai pembela HAM dalam menanggulangi eksploitasi ketenagakerjaan oleh Wilmar International. Dalam penelitian ini menggunakan konsep The Role of Human Rights Non-Governmental Organizations yang dikemukakan oleh Lina Marcinkutė. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Amnesty International telah melakukan berbagai upaya dalam menanggulangi masalah eksploitasi yang terjadi. Adapun upaya yang dilakukan meliputi ikut berkontribusi dalam penegakan standar HAM di Indonesia dengan melakukan advokasi terhadap permasalahan yang terjadi, melakukan lobi dengan pemerintah, serta menerbitkan laporan investigasi yang berisi bentuk-bentuk pelanggaran yang terjadi, dan meningkatkan kesadaran masyarakat melalui kampanye dan informasi dari situs web dan media sosial Amnesty lainnya yang dapat diakses secara bebas oleh publik

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Anita Afriani Sinulingga, S.IP, M.Si
Uncontrolled Keywords: Amnesty International, HAM, Eksploitasi Tenaga Kerja, Industri Kelapa Sawit, Wilmar International Ltd.
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
J Political Science > JZ International relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: s1 ilmu hubungan internasional
Date Deposited: 10 Feb 2022 07:36
Last Modified: 10 Feb 2022 07:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/99367

Actions (login required)

View Item View Item