Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kualitas Hidup Pada Penderita Hipertensi Di Puskesmas Andalas Kota Padang Tahun 2021

Fiza, Isolpia (2022) Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kualitas Hidup Pada Penderita Hipertensi Di Puskesmas Andalas Kota Padang Tahun 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
FULL SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penyakit hipertensi ini sendiri dapat menyebabkan kualitas hidup menjadi rendah, hal ini dikarenakan efek dari suatu penyakit. Kualitas hidup dapat dinilai berdasarkan kesehatan fisik, psikologis, hubungan sosial, dan lingkungan. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kualitas hidup adalah efikasi diri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya hubungan antara efikasi diri dengan kualitas hidup pada pasien hipertensi di Puskesmas Andalas Kota Padang Tahun 2021. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain analitik dan pendekatan cross sectional. Sampel pada penelitian ini adalah penderita hipertensi sebanyak 225 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. pengumpulan data pada variabel efikasi diri menggunakan kuesioner general perceived self efficacy scale dan pada variabel kualitas hidup menggunakan kuesioner whoqol-bref. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar (56,0 %) responden memiliki efikasi diri yang buruk dan sebagian besar (53,3 %) responden memiliki kualitas hidup yang buruk. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan analisis uji Chi-Square didapatkan bahwa tidak adanya hubungan antara efikasi diri dengan kualitas hidup pada pasien hipertensi di Puskesmas Andalas Kota Padang Tahun 2021 dimana (p-value = 0,733). Efikasi diri yang baik dapat meningkatkan kualitas hidup bagi penderita hipertensi sehingga perlu adanya upaya peningkatan efikasi diri. Pendidikan kesehatan mengenai efikasi diri, kualitas hidup dan bagaimana cara penanganannya dapat membantu meningkatkan kualitas hidup bagi penderita hipertensi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Gusti Sumarsih, S.Kp, M. Biomed
Uncontrolled Keywords: Hipertensi, Efikasi Diri, Kualitas Hidup
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 09 Feb 2022 08:51
Last Modified: 09 Feb 2022 08:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/99192

Actions (login required)

View Item View Item