FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEKAMBUHAN ORANG DENGAN SKIZOFRENIA YANG BEROBAT DI POLI KLINIK RUMAH SAKIT JIWA PROF. DR.MUHAMMAD ILDREM MEDAN TAHUN 2021

ARIF, IRPAN TANJUNG (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEKAMBUHAN ORANG DENGAN SKIZOFRENIA YANG BEROBAT DI POLI KLINIK RUMAH SAKIT JIWA PROF. DR.MUHAMMAD ILDREM MEDAN TAHUN 2021. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
TESIS FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Kekambuhan merupakan masalah yang sering terjadi pada Orang dengan Skizofrenia (ODS). Kekambuhan tersebut terjadi akibat berbagai hal yang berhubungan langsung dengan pasien. Kekambuhan pada ODS menjadi masalah yang harus diperhatikan. Kekambuhan dapat diminimalkan dengan mencegah bebagai penyebab kekambuhan tersebut. Penyebab tersebut antara lain adalah kepatuhan pengobatan, dukungan petugas kesehatan, dukungan keluarga dan riwayat genetik dari pasien itu sendiri. Tujuan penelitian adalah mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kekambuhan ODS. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif jenis korelasi dengan pendekatan design crosssectional. Sampel penelitian sebanyak 266 orang, dengan menggunakan teknik convenience sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisa bivariate menggunakan uji chi square dan multivariate menggunakan regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan kepatuhan pengobatan, dukungan petugas kesehatan, dukungan keluarga dan riwayat genetik dengan kekambuhan ODS (p < α). Faktor yang paling berhubungan dengan kekambuhan Skizofrenia pada ODS adalah riwayat genetik. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka diharapkan pihak rumah sakit dan keluarga agar memperhatikan faktor riwayat genetik dan dukungan petugas kesehatan sehingga kekambuhan Orang dengan Skizofrenia dapat diminimalisir.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Meri Neherta, S.Kep., M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Faktor-faktor kekambuhan, orang dengan skizofrenia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 09 Feb 2022 03:20
Last Modified: 09 Feb 2022 03:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/99053

Actions (login required)

View Item View Item