PENGARUH PROGRAM PEMBELAJARAN TERSTRUKTUR TERHADAP PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN DALAM PENGGUNAAN SKALA VISUAL INFUSION PHLEBITIS (VIP) PADA PERAWAT DI RSUD AROSUKA

YOSDEDRISON, YOSDEDRISON (2022) PENGARUH PROGRAM PEMBELAJARAN TERSTRUKTUR TERHADAP PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN DALAM PENGGUNAAN SKALA VISUAL INFUSION PHLEBITIS (VIP) PADA PERAWAT DI RSUD AROSUKA. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
TESIS FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Skala Visual Infusion Phlebitis (VIP) digunakan untuk menilai tanda-tanda awal phlebitis. Angka phlebitis di RSUD Arosuka masih melebihi standar yang ditetapkan 1‰ (Kemenkes RI tahun 2017). Pelatihan dan sosialisasi skala VIP ini belum ada diberikan kepada perawat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program pembelajaran terstruktur terhadap pengetahuan dan keterampilan perawat dalam menggunakan skala Visual infusion phlebitis (VIP). Metode penelitian kuantitatif dengan jenis Quasy eksperimental. Desain posttest –only non equivalent control group. Sampel diambil secara purposive sampling berjumlah 66 responden terdiri dari 33 responden kelompok intervensi dan 33 responden kelompok kontrol. Hasil penelitian rerata pengetahuan perawat kelompok intervensi 14, dengan rentang nilai 11-15, dan kelompok kontrol rerata pengetahuan perawat 13, dengan rentang nilai 5-15. Rerata keterampilan perawat pada kelompok intervensi 8 dengan rentang nilai 7- 8, dan kelompok kontrol rerata keterampilan perawat 7 dengan rentang nilai 6-8. Hasil uji Mann-whitney terdapat perbedaan yang bermakna pada pengetahuan perawat antara kelompok intervensi dengan kelompok kontrol p value = 0,022. Terdapat perbedaan yang bermakna pada keterampilan perawat antara kelompok intervensi dengan kelompok kontrol p value = 0.001. Program pembelajaran terstruktur efektif meningkatkan pengetahuan dan keterampilan perawat dalam penggunaan skala VIP. Diharapkan dapat digunakan oleh pihak manajemen/ DIKLAT dalam meningkatkan keterampilan perawat.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Yulastri Arif, S.Kp, M.Kep
Uncontrolled Keywords: keterampilan, program pembelajaran terstruktur, pengetahuan, phlebitis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 04 Feb 2022 04:18
Last Modified: 04 Feb 2022 04:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/98572

Actions (login required)

View Item View Item