Pengaruh Serat Beberapa Tanaman Umbi dan Rimpang dalam Pakan Berlemak Tinggi Terhadap Jaringan Adiposa Putih dan Kadar Lipid Plasma Mencit Putih

Firman, Syukri (2021) Pengaruh Serat Beberapa Tanaman Umbi dan Rimpang dalam Pakan Berlemak Tinggi Terhadap Jaringan Adiposa Putih dan Kadar Lipid Plasma Mencit Putih. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (421kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Obesitas merupakan penyakit degeneratif dengan prevalensi tinggi di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh serat umbi dan rimpang terhadap obesitas dan hiperkolesterolimia pada mencit yang diberi pakan berlemak tinggi. Penelitian ini telah dilaksanakan dari bulan April 2021 hingga Agustus 2021 di laboratorium Fisiologi Hewan, Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Andalas. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan rancangan acak lengkap (RAL) enam perlakuan dan empat kali ulangan dan perlakuan dilakukan selama 12 minggu. Perlakuan berupa Pakan Normal (PN), Pakan Berlemak Tinggi (PBT), Pakan Berlemak Tinggi ditambah 25% masing-masing serat Garut (Marantha arundinacea, Ganyong (Canna edulis), Talas Mentawai (Colacasia esculenta) dan Bengkoang (Pachyrizus erosus). Berat jaringan adiposa putih, kadar kolesterol total, HDL, LDL dan trigliserida diukur diakhir perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan berbagai jenis serat mampu menekan peningkatan bobot jaringan adiposa putih, mencegah hipertrofi sel adiposa putih. Serat P. erosus dalam pakan berlemak tinggi paling efektif menurunkan bobot jaringan adiposa putih, sedangkan serat C. edulis efektif dalam menurunkan luas sel jaringan adiposa putih. Berbagai macam serat tersebut juga dapat mencegah peningkatan kadar kolesterol total, LDL dan trigliserida pada mencit yang diberi pakan berlemak tinggi. Serat C. edulis efektif dalam menurunkan kadar kolesterol, serat C. esculenta efektif dalam menurunkan trigliserida, serat M. arundinacea efektif dalam menurunkan LDL dan serat P. erosus memberikan pengaruh signifikan dalam meningkatkan kadar HDL. Hasil ini mengindikasikan bahwa berbagai macam serat tanaman umbi dan rimpang berpotensi sebagai salah satu upaya dalam mengatasi obesitas dan hiperkolesterol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Putra Santoso
Uncontrolled Keywords: hipertrofi sel, jaringan adiposa putih, kolesterol, serat, obesitas.
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 19 Jan 2022 07:44
Last Modified: 19 Jan 2022 07:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/97392

Actions (login required)

View Item View Item