KAJIAN KINERJA PENGELOLAAN SISTEM PENYEDIAAN AIR MINUM (SPAM) DI PROVINSI SUMATRA BARAT BERBASIS BUKU KINERJA BADAN PENINGKATAN PENYELENGGARAAN SISTEM PENYEDIAAN AIR MINUM (BPPSPAM)

Agustina, Nasution (2021) KAJIAN KINERJA PENGELOLAAN SISTEM PENYEDIAAN AIR MINUM (SPAM) DI PROVINSI SUMATRA BARAT BERBASIS BUKU KINERJA BADAN PENINGKATAN PENYELENGGARAAN SISTEM PENYEDIAAN AIR MINUM (BPPSPAM). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
COVER + ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 (Pendahuluan))
Bab 1(pendahuluan).pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 (Penutup))
BAB 5 (penutup).pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DaftarPustaka)
DAFPUS.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img] Text (Thesis Full text)
THESIS full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (54MB)

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran dan informasi yang lebih komprehensif mengenai kinerja Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) penyelenggara Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang menerima Program Bantuan di Sumatra Barat pada kurun waktu 2017-2019. Kajian dilakukan dengan mengidentifikasi kondisi eksisting, menganalisis dampak dari berbagai program bantuan pengembangan SPAM dan membandingkannya dengan laporan kinerja BUMD penyelenggara PDAM dari BPPSPAM periode 2017-2019. Aspek yang dikaji meliputi aspek keuangan, aspek pelayanan, aspek operasional dan aspek sumber daya manusia. Wilayah studi meliputi Kota Padang, Kota Payakumbuh, Kota Solok, Kabupaten Solok, Kabupaten Lima Puluh Kota, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Solok Selatan, dan Kota Bukittinggi. Hasil studi menunjukkan bahwa 6 dari 9 SPAM memiliki kinerja dengan kategori Sehat, meliputi 2 SPAM Kabupaten dan 4 SPAM Kota. Tiga SPAM lainnya masih berada pada kategori kurang sehat, dan tidak ada satu SPAM pun yang dikategorikan sakit. Ditinjau dari indikator aspek, tidak ada SPAM di wilayah studi yang dapat memenuhi semua indikator kinerja yang ditetapkan. Indikator yang berhasil dipenuhi oleh SPAM wilayah studi pada 2019 adalah indikator solvabilitas, tingkat penyelesaian pengaduan, rasio jumlah pegawai per 1.000 pelanggan, dan jam operasional pelayanan. Program bantuan seperti SPAM IKK, SPAM BANPRO, SPAM untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MB) memberikan dampak terhadap peningkatan nilai dan kategori kinerja pada rentang nilai 2,210 – 3,470 di beberapa SPAM wilayah studi seperti di Kabupaten Lima Puluh kota, Kota Bukittinggi, dan Kota Padang, sedangkan SPAM lainnya mengalami fluktuasi nilai kinerja yang dapat disebabkan oleh berbagai permasalahan teknis dan indikator kinerja serta belum optimalnya implementasi dari program bantuan yang diberikan. Rekomendasi yang diusulkan meliputi upaya peningkatan minat pelanggan dalam mengkonsumsi air PDAM melalui promosi, perluasan jaringan, dan pelayanan yang baik; mengefektifkan operasional produksi dan distribusi melalui penggantian pipa atau meter air yang tidak memenuhi standar teknis, menekan angka kebocoran air, menyesuaikan tarif sesuai riil ATR secara berkala; meningkatkan kualitas pelayanan melalui pengukuran secara berkala terkait kualitas, melakukan pengolahan dengan optimal, melayani dengan baik semua pengaduan pelanggan, meningkatkan cakupan layanan, menjaga kontinuitas air; serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pengalokasian anggaran sehingga semakin banyak pegawai yang diikutsertakan dalam pelatihan.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Eng. DENNY HELARD
Uncontrolled Keywords: Penilaian Kinerja, SPAM, Sumatra Barat, BPPSPAM, Program Bantuan
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu lingkungan
Date Deposited: 17 Feb 2022 03:45
Last Modified: 17 Feb 2022 03:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/97206

Actions (login required)

View Item View Item