Iklim Komunikasi Organisasi dan Gaya Kepemimpinan serta Hubungannya terhadap Kinerja Pegawai Direktorat Jenderal Pajak (Kasus pada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sumatera Barat dan Jambi)

Nurullita, Mutia Andina (2021) Iklim Komunikasi Organisasi dan Gaya Kepemimpinan serta Hubungannya terhadap Kinerja Pegawai Direktorat Jenderal Pajak (Kasus pada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sumatera Barat dan Jambi). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover.pdf - Published Version

Download (728kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (884kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VI Penutup)
Bab VI Penutup.pdf - Published Version

Download (680kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (574kB) | Preview
[img] Text (Thesis Full Text)
Thesis Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Komunikasi merupakan unsur sentral dalam organisasi dan secara hakiki organisasi tidak dapat dipisahkan dari komunikasi. Komunikasi yang baik dalam organisasi akan menciptakan suasana kerja yang harmonis dan menciptakan semangat kerja yang mendorong peningkatan kinerja anggota organisasi. Di sisi lain, faktor kepemimpinan dapat mempengaruhi dan menggerakkan individu-individu dalam organisasi untuk mencapai kinerja secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan iklim komunikasi organisasi, gaya kepemimpinan, dan kinerja pegawai serta untuk mengetahui hubungan antara iklim komunikasi organisasi dan gaya kepemimpinan tersebut terhadap kinerja pegawai Direktorat Jenderal Pajak baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada responden. Adapun responden dalam penelitian ini berjumlah 91 responden yang merupakan pegawai Kanwil DJP Sumbar dan Jambi dan telah dipilih sebagai sampel berdasarkan teknik pengambilan sampel Stratified Random Sampling. Pengolahan data hasil penelitian dilakukan dengan bantuan program SPSS, dengan analisis data menggunakan analisis korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan Kepala Kanwil DJP Sumbar dan Jambi cenderung berorientasi pada hubungan dengan pegawai. Sedangkan iklim komunikasi organisasi dan kinerja pegawai termasuk dalam kategori sangat baik. Dari hasil penelitian ini juga diketahui bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara iklim komunikasi organisasi dan gaya kepemimpinan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sumatera Barat dan Jambi, baik secara parsial maupun secara simultan.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Emeraldy Chatra, M.Ikom
Uncontrolled Keywords: gaya kepemimpinan, iklim komunikasi organisasi, kinerja pegawai
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 04 Jan 2022 04:50
Last Modified: 04 Jan 2022 04:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96690

Actions (login required)

View Item View Item