PENGARUH HAMBATAN SAMPING AKIBAT AKTIVITAS PASAR BANDA BUEK TERHADAP KECEPATAN ARUS LALU LINTAS

FATHINATUL, ATIKA (2021) PENGARUH HAMBATAN SAMPING AKIBAT AKTIVITAS PASAR BANDA BUEK TERHADAP KECEPATAN ARUS LALU LINTAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1 (pendahuluan))
bab 1.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5 (kesimpulan dan saran))
bab 5.pdf - Published Version

Download (737kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (608kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
FULL TEXT SKRIPSI FATHINATUL ATIKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (48MB)

Abstract

Jalan raya merupakan sarana transportasi darat yang memiliki peranan sangat penting dalam menghubungkan suatu daerah ke daerah yang lain. Dengan bertambahnya jumlah penduduk dan semakin banyaknya aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat setempat, membuat berbagai permasalahan timbul yang berdampak kepada terhambatnya aktivitas lalu lintas termasuk di depan pasar Banda Buek Kota Padang. Aktivitas pasar Banda Buek yang ramai pada hari balai (selasa dan sabtu) membuat lalu lintas di depan pasar menjadi sangat padat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik hambatan samping yang terjadi di kawasan pasar serta mengukur dampak hambatan samping terhadap kecepatan kendaraan. Perhitungan data volume lalu lintas, hambatan samping dan kecepatan dilakukan dengan mengambil aktivitas lalu lintas menggunakan Drone dan Handycam. Untuk mengetahui pengaruh hambatan samping terhadap kecepatan dilakukan teknik pengolahan data dengan membandingkan kawasan bebas hambatan dengan kawasan yang memiliki hambatan. Dari hasil penelitian, frekuensi kejadian hambatan samping paling tinggi berada di Depan Kawasan Pasar (Segmen III) yaitu sebesar 46% dari total seluruh segmen yang di kaji. Sehingga arus lalu lintas yang bergerak menuju arah Indarung mengalami penurunan kecepatan dari segmen I ke segmen II sebesar 20% dan dari segmen II ke segmen III kecepatan turun sebesar 3%. Sedangkan dari segmen III ke segmen IV kecepatan naik sebesar 12%. Variabel hambatan samping yang memiliki pengaruh atau korelasi paling kuat terhadap Kecepatan Rata - Rata adalah Kendaraan Parkir/Berhenti. Variabel hambatan samping Kendaraan Keluar/Masuk dan Kendaraan Melawan Arus memiliki korelasi sedang terhadap kecepatan rata - rata. Sedangkan Pejalan Kaki memiliki pengaruh terhadap Kecepatan Rata - Rata paling lemah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Purnawan, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Hari Balai, Hambatan Samping, Kecepatan Rata - Rata, Pengaruh Kecepatan.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 30 Dec 2021 06:36
Last Modified: 30 Dec 2021 06:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96607

Actions (login required)

View Item View Item