HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KEPUASAN KERJA DENGAN KINERJA PERAWAT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH AROSUKA

SYAFRIZAL, RAJA (2021) HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KEPUASAN KERJA DENGAN KINERJA PERAWAT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH AROSUKA. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab akhir)
PENUTUP.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img] Text (TESIS FULL)
FULL OK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kepemimpinan transformasional memiliki kelebihan yaitu pemimpin yang visioner, memberikan inspirasi kepada bawahan, menimbulkan minat untuk hal baru, memberikan bimbingan satu persatu kepada bawahan dan lebih suka bekerja dengan kelompok. Kepuasan kerja yang tinggi akan memiliki perasaan positif begitu juga sebaliknya seseorang dengan kepuasan kerja rendah memiliki perasaan negatif terhadap pekerjaannya. Kinerja merupakan hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan hubungan gaya kepemimpinan transformasional dan kepuasan kerja dengan kinerja perawat. Penelitian ini menggunakan desain crossectional study dengan jumlah sampel 85 orang perawat pelaksana di RSUD Arosuka dengan teknik pengambilan sampel yaitu proportional sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner job satisfaction survey, kuesioner kepemimpinan multifaktor (MLQ) 5X short dan Individual Work Performance quastion (IWPQ). Uji statistik yang digunakan uji distribusi frekuensi dan chi -square. Hasil penelitian didapatkan bahwa gaya kepemimpinan transformasional yang dimiliki oleh kepala ruangan dalam kategori tinggi sebanyak 61 (71.8%), kepuasan kerja perawat dalam kategori puas sebanyak 48 (56.5%) dan kinerja perawat dengan kategori tinggi sebanyak 44 (51.8%). Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara gaya kepemimpinan transformasional dengan kinerja perawat, namun terdapat hubungan yang signifikan antara kepuasan kerja dengan kinerja perawat. Diharapkan rumah sakit dapat memperhatikan aspek kepuasan kerja perawat dalam membuat kebijakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Yulihasri, SE, M. BA
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Trasnformasional, Kepuasan Kerja, Kinerja
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 28 Dec 2021 07:25
Last Modified: 28 Dec 2021 07:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96581

Actions (login required)

View Item View Item