ANALISIS KUALITAS E-LEARNING APPSKEP MENGUNAKAN KONSEP SERVQUAL TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN

Rahi, Ul Afif (2021) ANALISIS KUALITAS E-LEARNING APPSKEP MENGUNAKAN KONSEP SERVQUAL TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN. Diploma thesis, Unversitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full)
Tugas Akhir Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

E-learning merupakan sebuah media pembelajaran berbasis perangkat elektronik dengan mengunakan internet sebagai media penghubungnya. E-learning pada saat ini berkembang dengan pesat disetiap negara dengan tingkat pertumbuhan lebih dari 4%. Asia merupakan benua dengan tingkat pertumbuhan e-learning terbesar yaitu 17,3 % dengan pendapatan mencapai angka $11,5B pada tahun 2016. Indonesia berada pada posisi ke 8 dari semua negara yang ada di Asia dengan tingkat pertumbuhan mencapai angka 20 %. Indonesia terdapat berbagai e-learning yang memenuhi pasar e-learning Indonesia. Appskep merupakan e-learning yang bergerak memenuhi permintaan pasar e-learning Indonesia. Appskep pembantu perawat dalam menghadapi Uji Kompetensi. Berdasarkan www.niagahoster.co.id Appskep tidak termasuk kedalam 17 e-learning terbaik di Indonesia dan terdapat beberapa keluhan yang dialami oleh pengguna Appskep sehingga dilakukan analisis terhadap kualitas e-learning Appskep. Faktor-faktor yang menentukan kualitas e-learning berdasarkan penelitian terdahulu dapat dikaitkan dengan kualitas layanan, kualitas informasi dan kualitas sistem. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa Appskep pada periode 2 ujian kompetensi keperawatan dengan jumlah sampel yang digunakan adalah 94 orang. Data yang terkumpul diolah dengan mengunakan metode SEM-PLS dengan software smartPLS 3. Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan didapatkan hasil Variabel assurance, responsiveness dan reliability memiliki korelasi yang positif terhadap kualitas e-learning sedangkan empathy tidak memiliki korelasi yang positif terhadapa kualitas e-learning dan variabel konten pembelajaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas e-learning sedangkan situs web tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas e-learning. Sehingga diberikan saran berupa penambahan fitur live chat, file management dan diberikan saran perbaikan terhadap desain user interface e-learning Appskep.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Wisnel, M.Sc
Uncontrolled Keywords: e-learning, metode servqual, SEM-PLS
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 28 Dec 2021 07:15
Last Modified: 28 Dec 2021 07:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96517

Actions (login required)

View Item View Item