HUBUNGAN TINGKAT ACTIVITY OF DAILY LIVING (ADL) DENGAN KUALITAS TIDUR PADA LANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PADANG KANDIS KECAMATAN GUGUAK KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Khairani, Nur Hakim (2021) HUBUNGAN TINGKAT ACTIVITY OF DAILY LIVING (ADL) DENGAN KUALITAS TIDUR PADA LANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PADANG KANDIS KECAMATAN GUGUAK KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Proses penuaan (aging process) merupakan suatu tahapan kehidupan yang tidak bisa dihindari oleh setiap orang. Semakin bertambahnya usia fungsi fisiologis dan status kesehatan seseorang semakin menurun. Proses penuaan tersebut menyebabkan lansia mengalami keterbatasan gerak dalam menjalankan aktivitas sehari-hari atau disebut dengan Activity of Daily Living (ADL) dan juga mempengaruhi periode istirahat lansia sehingga berdampak pada kualitas tidur mereka. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain penelitian cross sectional yang mengkaji tentang hubungan Activity of Daily Living (ADL) dengan kualitas tidur lansia di wilayah kerja Puskesmas Padang Kandis Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Populasi penelitian adalah 935 orang lansia yang tinggal di wilayah kerja Puskesmas Padang Kandis. Sampel penelitian ini sebanyak 50 orang lansia yang diperoleh dengan teknik Consecutive sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dua kuesioner yaitu indeks katz dan psqi-Ina. Analisis data menggunakan uji Pearson Chi-Square, Hasil uji ini memperoleh nilai signifikan (p-value) sebesar 0,000 (p < 0,05). Nilai p-value lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) maka keputusan uji adalah H0 ditolak yang berarti “ada hubungan tingkat Activity of Daily Living (ADL) dengan kualitas tidur lansia di Kecamatan Guguak Kabupaten Lima puluh Kota”. Kesimpulan yang didapat adalah terdapat hubungan antara kedua variabel, yaitu tingkat Activity of Daily Living dengan kualitas tidur lansia, yang mana semakin baik tingkat ADL lansia maka semakin baik juga kualitas tidur mereka dan sebaliknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Afriwardi, S.H, Sp.KO, M.A
Uncontrolled Keywords: Lansia, Activity of Daily Living, Kualitas Tidur
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 23 Dec 2021 08:04
Last Modified: 23 Dec 2021 08:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96488

Actions (login required)

View Item View Item