EVALUASI DAN PENGEMBANGAN BISNIS PASAR RABU TANI (PRT)

Nickyta, Miranda (2021) EVALUASI DAN PENGEMBANGAN BISNIS PASAR RABU TANI (PRT). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover&abstrak)
Cover dan Abstrak (2).pdf - Published Version

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI KESIMPULAN)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text Nickyta)
Tugas Akhir Full Text Nickyta.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Pasar Rabu Tani (PRT) merupakan salah satu unit usaha dari Koperasi Mandiri dan Merdeka (KMDM) yang bergerak di bidang pemasaran pangan. Pasar Rabu Tani (PRT) hadir sejak Maret 2020 untuk menjembatani konsumen dan produsen untuk saling menyehatkan dalam suatu organisasi, berbentuk koperasi. PRT bisa disebut juga dengan e-commerce atau toko online. Dalam menjalankan proses bisnisnya, PRT memiliki permasalahan salah satunya penjualan Pasar Rabu Tani mengalami fluktuasi yang sangat besar yaitu sebesar 40%. Penjualan PRT mengalami penurunan selama lima bulan terakhir dari bulan November 2020 hingga Maret 2021.Oleh karena itu, PRT harus mempunyai strategi bisnis dan penerapan program kerja yang baik agar dapat bertahan dan mengembangkan bisnisnya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi bisnis menggunakan metode SWOT, BMC dan penerapan program kerja yang dapat diterapkan pada PRT untuk dapat meningkatkan pendapatan serta mampu bertahan menghadapi persaingan bisnis saat ini dan mendapatkan model bisnis barunya. Hasil Matriks IE menunjukkan PRT berada pada sel II yaitu tumbuh dan membangun. Penelitian ini menghasilkan strategi yang didapatkan berdasarkan hasil posisi sel II, kemudian diimplementasikan pada PRT. Program yang dijalankan PRT saat ini yaitu posting and discount, paket sayur siap masak dan paid promotion melalui influencer. Penggambaran Business Model Canvas baru dilakukan berdasarkan hasil dari program kerja yang telah dijalankan. Business Model Canvas saat ini berubah, perubahannya terdapat pada elemen cost structure dengan penambahan biaya promosi dan biaya ongkos kirim. Pada elemen value proposition dengan penambahan variasi produk yaitu paket sayur siap masak, gratis ongkos kirim dan berbelanja sambil beramal melalui program Jumat Berkah. Elemen customer relationship dengan penambahan program Jumat Berkah dan elemen key resources dengan penambahan motor untuk delivery. Penelitian ini diharapkan dapat membantu PRT untuk meningkatkan usaha bisnis dan membantu penerapan program kerja yang baik serta mengevaluasi program kerja yang sudah dilakukan oleh PRT.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Reinny Patrisina, Ph.D
Uncontrolled Keywords: E-commerce, SWOT, Business Model Canvas, Program Kerja
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 14 Dec 2021 07:13
Last Modified: 14 Dec 2021 07:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96188

Actions (login required)

View Item View Item