Drug Related Problems (DRPs) pada Pengobatan Pasien Pediatri Penderita Epilepsi di Poliklinik Anak RSUP Dr. M. Djamil Padang

Tasya, Ar Rahman (2021) Drug Related Problems (DRPs) pada Pengobatan Pasien Pediatri Penderita Epilepsi di Poliklinik Anak RSUP Dr. M. Djamil Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img] Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (pendahuluan).pdf - Published Version

Download (132kB)
[img] Text (BAB V (Kesimpulan dan Saran))
BAB V (kesimpulan dan saran).pdf - Published Version

Download (110kB)
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img] Text (Full Text Skirpsi)
full text skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Obat antiepilepsi (OAE) adalah perawatan utama dalam pengelolaan epilepsi. Pasien penderita epilepsi biasanya membutuhkan terapi obat antiepilepsi jangka panjang sehingga dapat menyebabkan risiko terjadinya drug related problems jika tidak digunakan dengan tepat. Drug Related Problems (DRPs) adalah suatu yang melibatkan terapi obat yang berpotensi mengganggu hasil klinis yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan persentase kejadian drug related problems (DRPs) pada pengobatan pasien pediatri penderita epilepsi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan mengambil data rekam medis pasien pediatri di Poliklinik Anak RSUP Dr. M. Djamil Padang periode 2019 – 2020 secara retrospektif. Kriteria inklusi penelitian ini adalah pasien pediatri (usia 0 bulan – 16 tahun) penderita epilepsi dengan atau tanpa penyakit penyerta lainnya dan mendapatkan pengobatan epilepsi di Poliklinik Anak RSUP Dr. M. Djamil Padang periode 2019 – 2020. Jumlah pasien yang masuk ke dalam kriteria inklusi sebanyak 38 pasien dengan total 243 kunjungan. Berdasarkan hasil penelitian, dari 243 kunjungan terdapat 65 kunjungan (26,75%) yang mengalami DRPs yang meliputi dosis obat kurang (52%), dosis obat lebih (37,33%), pemilihan obat yang tidak tepat (9,33%), indikasi tanpa terapi (1,33%), dan terapi tanpa indikasi (0%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: apt. Dian Ayu Juwita, M. Farm
Uncontrolled Keywords: Drug Related Problems, epilepsi, pediatri, obat antiepilepsi
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 01 Dec 2021 07:50
Last Modified: 13 Jan 2023 03:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/95984

Actions (login required)

View Item View Item