ANALISIS PERILAKU KONSUMERISME DALAM PERSPEKTIF JEAN BAUDRILLARD Studi Konsumsi Pengunjung Coffee Shop Janji Jiwa di Kota Padang

M., Abdi Azzara (2021) ANALISIS PERILAKU KONSUMERISME DALAM PERSPEKTIF JEAN BAUDRILLARD Studi Konsumsi Pengunjung Coffee Shop Janji Jiwa di Kota Padang. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Penutup)
BAB akhir.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
Tesis Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Adapun yang melatar belakangi penelitian ini adalah, Janji Jiwa sebagai coffee shop paling populer dan Sumatera Barat sebagai salah satu Provinsi dengan jumlah peminum dan kunjungan coffee shop tertinggi secara nasional. Sesuai dengan tujuan penelitian maka penelitian ini akan membahas mengenai motif-motif konsumsi serta konstruksi gaya hidup konsumerisme di kalangan pengunjung coffee shop Janji Jiwa di Kota Padang. Untuk menganalisis data-data yang terkumpul peneliti menggunakan perspektif Jean Baudrillard terkait masyarakat konsumsi. Metode yang digunakan pendekatan kualitatif, dengan tipe penelitian studi kasus. Pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling dengan jumlah informasn 9 orang yang terdiri dari informan pelaku dan informan pengamat. Untuk analisis data penelitian menggunakan analisis interaktif Miles dan Huberman, untuk menjamin validitas dan reliabilitas data maka peneliti melakukan uji triangulasi data. Hasil dari penelitian menunjukan adanya pergeseran motif konsumsi dimana konsumsi yang terjadi bukan didasari pada motif-motif pemenuhan kebutuhan biologis, melainkan sebagai bentuk aktualisasi diri dalam rangka signifikansi dan klasifikasi sosial. Terbentuknya pandangan imajiner dan konstruksi gaya hidup konsumerisme tidak terlepas dari hukum sebab akibat yang kompleks dan beragam, ditinjau dari aspek nilai tanda, logika sosial konsumsi, ruang sosial, dan media tontonan. Keseluruhan aspek tersebut sarat akan simulasi dan simulasi tersebut diproduksi ulang baik dalam bentuk abstrak maupun konkrit. Fakta ini merupakan bukti irasionalitas masyarakat kontemporer kedalam bentuk perilaku konsumtif.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Azwar, M.Si
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 01 Dec 2021 04:53
Last Modified: 01 Dec 2021 04:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/95964

Actions (login required)

View Item View Item