HUBUNGAN ANTARA MOTIF DENGAN KEPUASAN FOLLOWERS PADA AKUN INSTAGRAM @glintsid (Studi pada Fresh Graduate Followers terhadap Pemenuhan Informasi tentang Dunia Kerja)

Bagoes, Gilang Adiyanto (2021) HUBUNGAN ANTARA MOTIF DENGAN KEPUASAN FOLLOWERS PADA AKUN INSTAGRAM @glintsid (Studi pada Fresh Graduate Followers terhadap Pemenuhan Informasi tentang Dunia Kerja). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (371kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Full - Bagoes Gilang Adiyanto (1410862004) .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilandasi fenomena yang peneliti temukan pada sebuah akun instagram marketplace lowongan kerja yang bernama @glintsid. Akun instagram ini merupakan salah satu akun yang aktif dalam penggunaan aplikasi Instagram dengan jumlah follower lebih dari 579 ribu akun. Setiap harinya akun Instagram @glintsid memiliki peningkatan jumlah follower lebih dari 400 akun dan memiliki daya tarik sendiri dengan menyuguhkan konten edukasi dan permasalahan seputar dunia kerja. Penelitian ini menggunakan teori uses and gratification dengan tujuan untuk melihat dorongan motif followers ketika memilih dan mengikuti media, serta mengukur tingkat kepuasan followers setelah menggunakan media tersebut dan melihat akun instagram @glintsid dapat memuaskan penggunanya atau tidak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data Accidental Sampling. Peneliti melakukan survey secara online kepada 100 orang followers akun instagram @glintsid yang masih dalam status fresh graduate dengan memanfaatkan fitur kuesioner online dari Google Form. Untuk melihat hubungan antara motif dan kepuasan followers akun instagram @glintsid, peneliti menggunakan analisis korelasi Spearman Rank dan Uji Z. Hasil penelitian hubungan antara motif dan kepuasan followers pada akun instagram @glintsid menunjukkan : 1) Follower antusias untuk menggali informasi dan menjadikan motif informasi sebagai motif paling tinggi. 2) Follower merasa puas dengan informasi yang disajikan sehingga menjadikan kepuasan informasi sebagai kepuasan paling tinggi. 3) Melalui uji mean antara kategori motif dan kepuasan, akun instagram @glintsid dapat memberikan kepuasan kepada penggunanya. 4) Kepuasan yang diperoleh follower 71%. dipengaruhi oleh motif follower yang sesuai dengan pernyataan motif yang terdapat pada kuesioner.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ernita Arif, S.P., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Instagram, Kepuasan, Motif, Teori Uses and Gratification
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 30 Nov 2021 09:01
Last Modified: 30 Nov 2021 09:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/95957

Actions (login required)

View Item View Item