Persepsi Ibu-Ibu Nasabah Pada Program Pembiayaan Paket Masa Depan Bank BTPN Syariah (Mobile Marketing Syariah) X Koto Tanah Datar

Trinanda, Yurri (2021) Persepsi Ibu-Ibu Nasabah Pada Program Pembiayaan Paket Masa Depan Bank BTPN Syariah (Mobile Marketing Syariah) X Koto Tanah Datar. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 Penutup)
BAB AKHIR (PENUTUP).pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[img] Text (Thesis Fultext)
THESIS FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Bank BTPN Syariah menghadirkan sebuah program pembiayaan paket masa depan, Program pembiayaan ini berdasarkan prinsip syariah yang memfokuskan kegiatannya pada pemberian pembiayaan yang diperuntukkan bagi sekelompok perempuan dipedesaan yang telah memiliki usaha atau untuk membangun suatu jenis usaha, tetapi tidak memiliki tambahan modal dan akses jaminan ke dunia perbankan. Program pembiayaan paket masa depan hadir untuk membantu keluarga prasejahtera dalam membangun dan mengelola usaha. Namun setelah ibu-ibu nasabah bergabung dengan program pembiayaan paket masa depan mereka mengeluh dan kecewa bahwa program pembiayaan tersebut tidak sesuai antara tujuan awal dengan pelaksanannya, sehingga menimbulkan persepsi dari ibu-ibu nasabah pada program pembiayaan paket masa depan Bank BTPN Syariah. Oleh sebab itu penelitian ini mengkaji persepsi ibu-ibu nasabah pada program pembiayaan paket masa depan Bank BTPN Syariah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi ibu-ibu nasabah pada program pembiayaan paket masa depan Bank BTPN Syariah dan mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi ibu-ibu nasabah pada program pembiayaan paket masa depan Bank BTPN Syariah. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Informan dipilih dengan menggunakan teknik purposif sampling dan dalam pengumpulan data digunakan teknik observasi dan wawancara mendalam. Teori yang digunakan Simulakra yang dipelopori oleh Jean Baudrillard, simulakra diwakilli oleh simbol dan tanda, artinya memungkinkan realitas aktual untuk digeser dan digantikan oleh realitas semu, duplikasi dan kepura-puraan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ibu-ibu nasabah kecewa bahwa pelaksanaan dari program pembiayaan paket masa depan Bank BTPN Syariah MMS X Koto tidak sesuai dengan prinsip syariah, sistem pembayaran angsuran setiap 2 minggu tidak terjangkau, perolehan margin/keuntungan yang diterima oleh Bank sangat tinggi sebesar 30% sampai 43%. Ibu-ibu nasabah sangat berharap bahwa program pembiayaan paket masa depan Bank BTPN Syariah MMS X Koto ini benar-benar sesuai dengan prinsip syariah dan bertujuan untuk membantu dan mensejahterakan kehidupan mereka. Namun kenyataannya hal tersebut tidak sesuai dengan yang dialami oleh ibu-ibu nasabah, sehingga menimbulkan persepsi dari ibu-ibu nasabah pada program pembiayaan paket masa depan Bank BTPN Syariah (Mobile Marketing Syariah) X Koto Tanah Datar. Kata Kunci: Persepsi ibu-ibu nasabah, Program pembiayaan Paket Masa Depan Bank BTPN Syariah MMS X Koto.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: 1. Prof. Dr. Damsar, MA
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Persepsi ibu-ibu nasabah, Program pembiayaan Paket Masa Depan Bank BTPN Syariah MMS X Koto. Kata Kunci: Persepsi ibu-ibu nasabah, Program pembiayaan Paket Masa Depan Bank BTPN Syariah MMS X Koto.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 29 Nov 2021 08:00
Last Modified: 29 Nov 2021 08:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/95697

Actions (login required)

View Item View Item