Martina, Vian Halawa (2021) Strategi Efisiensi Layanan Rawat Inap Di Rumah Sakit Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
cover Skripsi watermark.pdf - Published Version Download (57kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
PENDAHULUAN watermark.pdf - Published Version Download (158kB) | Preview |
|
|
Text (BAB Akhir)
penutup kesimpulan watermark.pdf - Published Version Download (31kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka watermark.pdf - Published Version Download (159kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
MARTINA VIAN H_1711219001_Skripsi.watermark.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian: Rumah sakit perlu memperhatikan prinsip efisiensi dalam pelayanan rawat inap. Nilai indikator efisiensi rawat inap tahun 2020 yaitu BOR 25,50%, LOS 4,45 hari, BTO 1,29 kali, TOI 16,21 hari. Efisiensi layanan rawat inap dapat ditingkatkan dengan menerapkan bauran pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah diketahui tingkat efisiensi hunian rawat inap RS UNAND berdasarkan grafik Barber Johnson dan strategi bauran pemasaran aspek produk dan promosi. Metode Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi (mix method) dengan sequential explanatory desain. Penelitian dilakukan di RS Universitas Andalas pada bulan April-Oktober 2021. Data Kuantitatif bersumber dari data sekunder sedangkan data kualitatif dari wawancara mendalam, observasi dan telaah dokumen. Teknik pemilihan informan dengan purposive sampling. Hasil penelitian berdasarkan Grafik Barber Johnson menunjukkan titik temu ke empat indikator berada diluar daerah efisien. Strategi marketing mix dengan menyediakan fitur tambahan, aksesoris, kualitas pelayanan, jaminan pelayanan dan promosi. Kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan belum efisen pelayanan rawat inap RS UNAND tahun 2020, penerapan marketing mix dengan menyediakan fasilitas tambahan, kualitas dan jaminan pelayanan. Disarankan kepada RS Unand untuk menambahkan fasilitas tambahan di rawat inap, ketepatan visite dokter, menambahkan SDM dirawat inap, membentuk tim pemasaran, meningkatkan promosi rawat inap.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Syafrawati, SKM, M. Comm Health Sc |
Uncontrolled Keywords: | marketing mix, strategi, produk, promosi |
Subjects: | R Medicine > RZ Other systems of medicine |
Divisions: | Fakultas Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | s1 kesehatan masyarakat |
Date Deposited: | 29 Nov 2021 01:42 |
Last Modified: | 29 Nov 2021 01:42 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/95233 |
Actions (login required)
View Item |