Hubungan Tingkat Kepatuhan Diet Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 Dengan Jumlah Komplikasi Kronik Yang Diderita Di Poliklinik Penyakit Dalam Rsup. Dr. M. Djamil Padang

Sarah, Ezza Bucika (2021) Hubungan Tingkat Kepatuhan Diet Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 Dengan Jumlah Komplikasi Kronik Yang Diderita Di Poliklinik Penyakit Dalam Rsup. Dr. M. Djamil Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA-5.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Diabetes mellitus (DM) adalah sindroma gangguan metabolisme dan hiperglikemia yang disebabkan oleh gangguan kerja insulin. DM yang tidak terkontrol akan menyebabkan terjadinya komplikasi DM, baik komplikasi akut maupun kronis. Komplikasi DM dapat dicegah dengan terapi diet yang dilakukan dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat kepatuhan diet pasien diabetes melitus tipe 2 dengan jumlah komplikasi kronik yang diderita di poliklinik penyakit dalam RSUP. DR. M. Djamil Padang tahun 2019. Penelitian ini adalah penelitian analitik dengan pendekatan Cross Sectional Study, dilaksanakan pada Oktober 2019 – November 2019 di poliklinik penyakit dalam RSUP. DR. M. Djamil Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Non-Probability Sampling dengan menggunakan cara accidental Sampling. Data kepatuhan diet didapat melalui wawancara dengan menggunakan kuesioner Food Recall 1x24 jam, Food Frequency Questionnaire (FFQ) dan data komplikasi diabetes mellitus didapatkan dari rekam medis pasien. Pengolahan data menggunakan Uji Chi Square (α<0,05). Penelitian ini didapatkan 65 % pasien memiliki komplikasi lebih dari satu dan 35% pasien memiliki satu komplikasi . 72,5% pasien tidak patuh terhadap diet DM dan 27,5% pasien patuh. Berdasarkan nalisis bivariat didapatkan hubungan antara kepatuhan diet dengan jumlah komplikasi kronik diabetes mellitus (p<0,019).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof.dr.Nur Indrawaty Lipoeto, M.Sc, PhD, Sp.GK
Uncontrolled Keywords: Diabetes Melitus, Kepatuhan Diet, Komplikasi Diabetes Mellitus.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 26 Nov 2021 04:36
Last Modified: 26 Nov 2021 04:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/95164

Actions (login required)

View Item View Item