KONSTRUKSI UKURAN TUBUH IDEAL DI AMERIKA DALAM NOVEL DUMPLIN’ KARYA JULIE MURPHY: KAJIAN STRUKTURALISME GENETIK LUCIEN GOLDMANN

Resty, Maudina Septiani (2021) KONSTRUKSI UKURAN TUBUH IDEAL DI AMERIKA DALAM NOVEL DUMPLIN’ KARYA JULIE MURPHY: KAJIAN STRUKTURALISME GENETIK LUCIEN GOLDMANN. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstract.pdf - Published Version

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (442kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Resty MS - Tesis Fix Lengkap Pink.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengungkapkan pandangan dunia Julie Murphy sebagai penulis yang berjuang melawan diskriminasi pada wanita berukuran tubuh besar. Objek material penelitian merupakan novel Dumplin’ (2015). Objek formal penelitian ini adalah bagaimana penolakan serta ketidakkonsistenan penolakan tokoh Willowdean terhadap standar kecantikan yang berkembang dalam masyarakat dalam dunia novel tersebut merepresentasikan dunia pengarang. Dumplin’ karya Julie Murphy mengekspresikan pandangan dunia kelompok sosial sehingga kajian dilakukan dengan menggunakan teori Strukturalisme Genetik Lucien Goldmann. Metode dialektik digunakan untuk mencapai tujuan penelitian. Data primer diperoleh dari relasi antar tokoh dan peristiwa dalam novel Dumplin’. Data sekunder diambil dari jurnal ataupun buku yang berkaitan dan mendukung penelitian ini. Fokus penelitian adalah mengkaji pandangan dunia pengarang dan genetik melalui analisis dialektika struktur karya dan struktur sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pandangan dunia pengarang merepresentasikan pandangan dunia kelompok sosial aktifis yang menentang konstruksi ukuran tuubuh ideal seperti NAAFA yang berupaya menghancurkan dan memodifikasi konstruksi ukuran tubuh ideal sebagai konstruksi dominan yang hidup dalam masyarakat Amerika melalui novelnya Dumplin’. Akan tetapi, masih terdapat ketidakkonsistenan penolakan. Ketidakkonsistenan ini merupakan bentuk residu yang menjadi struktur mental akibat genetik konstruksi ini berasal dari agama. Kata Kunci:Pandangan Dunia, Julie Murphy, Dumplin’, Strukturalisme Genetik Lucien Goldman, NAAFA.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > PS American literature
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu sastra
Date Deposited: 26 Nov 2021 02:43
Last Modified: 26 Nov 2021 02:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/95102

Actions (login required)

View Item View Item