MANAJEMEN PENGEMBANGAN KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH OLEH DINAS KOPERASI USAHA KECIL DAN MENENGAH KOTA PADANG

M. Emeraldo, Fergusson (2021) MANAJEMEN PENGEMBANGAN KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH OLEH DINAS KOPERASI USAHA KECIL DAN MENENGAH KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
1. cover abstract.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab i)
2. Bab1.pdf - Published Version

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab vi)
3. Bab VI.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (dapus)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img] Text (skripsi fulltext)
fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Nama M. Emeraldo Fergusson Nomor BP 1710842014, Manajemen Pengembangan Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah Kota Padang. Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, Padang 2021 Dibimbing Oleh: Dr. Desna Aromatica, M.AP dan Dr. Hendri Koeswara, M.Soc.Sc. Skripsi ini terdiri dari 178 halaman dengan referensi 10 buku teori, 2 buku metode, 9 jurnal, 12 skripsi, 1 tesis, 3 peraturan, dan 2 website. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana manajemen yang dilakukan oleh Dinas Koperasi Dan UKM Kota Padang dalam mengembangkan Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) kelurahan yang ada di Kota Padang. KSPPS kelurahan dibentuk oleh Pemerintah Kota Padang dengan tujuan untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat kelurahan khususnya masyarakat kurang mampu. Karena luasnya lokus penelitian peneliti, berfokus pada tiga koperasi simpan pinjam pembiayaan syariah yaitu KSPPS Mutiara Padang Basi, KSPPS Koto Lalang, KSPPS Cupak Tangah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Teknik wawancara dan dokumentasi. Kemudian Teknik keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Penelitian ini menggunakan teori fungsi manajemen menurut Robbins dan Coulter yang terdiri dari empat variabel yaitu perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengawasan. Berdasarkan hasil penelitian, Manajemen Pengembangan Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah oleh Dinas Koperasi Dan UKM Kota Padang belum optimal. Pada variabel perencanaan Dinas koperasi dan UKM Kota Padang sudah cukup baik, karena tujuan yang ingin dicapai dalam pengembangan KSPPS sudah disusun pada perencanaan. Variabel pengorganisasian pengelompokan tugas belum dilakukan dengan baik, karena tugas transformasi kredit mikro kelurahan (KMK) sebaiknya dikelompokan pada bidang fasilitasi pemberdayaan usaha simpan pinjam. Selanjutnya pada Variabel kepemimpinan Dinas Koperasi dan UKM Kota Padang sudah cukup baik karena telah memberikan motivasi serta pengarahan pada pihak pengelola KSPPS dalam mengembangkan KSPPS agar bisa menjadi KSPPS Kelurahan yang mandiri dan lebih baik lagi. kemudian pada variabel pengawasan masih belum optimal karena, perbandingan hasil yang dicapai dengan yang direncanakan masih belum baik, ini dapat dilihat dari minimnya KSPPS kelurahan yang sudah mandiri, dari 104 yang ada baru sembilan KSPPS kelurahan yang mandiri sementara target dari Dinas Koperasi dan UKM agar semua KSPPS bisa mandiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Desna Aromatica, S.AP, M.AP
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pengembangan, KSPPS (Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 11 Nov 2021 07:18
Last Modified: 11 Nov 2021 07:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/94314

Actions (login required)

View Item View Item