Hubungan Konsumsi Kopi dengan Kejadian Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) berdasarkan GERD-Questionnaire pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Andalas Angkatan 2017-2020

Yelia, Nada Salsabila (2021) Hubungan Konsumsi Kopi dengan Kejadian Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) berdasarkan GERD-Questionnaire pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Andalas Angkatan 2017-2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak baru.pdf - Published Version

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 (Pendahuluan))
Bab 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7 (Penutup))
Bab 7 (Penutup).pdf - Published Version

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (534kB) | Preview
[img] Text (Full Text Skripsi)
Full Text Skripsi baru.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) merupakan penyakit umum yang biasa ditandai dengan rasa panas di ulu hati dan regurgitasi dari cairan yang rasanya asam. Hal yang paling umum yang menyebabkan GERD adalah relaksasi sementara dari sfingter esofagus bagian bawah (Lower Esophageal Sphincter/LES). Salah satu faktor risiko yang dapat menyebabkan terjadinya GERD adalah faktor diet dan salah satunya adalah konsumsi kopi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsumsi kopi dengan kejadian GERD berdasarkan GERD-Questionnaire pada mahasiswa prodi kedokteran Universitas Andalas angkatan 2017-2020. Penelitian ini dilakukan dengan desain analitik dan menggunakan pendekatan cross sectional. Pengukuran tingkat konsumsi kopi dengan kejadian GERD dilakukan menggunakan kuesioner online. Sampel penelitian adalah mahasiswa Program Studi Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Andalas, angkatan 2017-2020. Penelitian dilakukan pada bulan Agustus 2020 – Juli 2021. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 338 responden penelitian, didapatkan tingkat konsumsi kopi didominasi oleh kategori ringan sejumlah 2192 orang (56,8%), kejadian GERD didominasi oleh kategori tidak GERD sejumlah 320 orang (94,7%), dan kategori GERD sebanyak 18 orang (5,3%) dan nilai signifikasi yaitu ρvalue = 0,000 yang menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat konsumsi kopi dengan kejadian GERD pada mahasiswa Prodi Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Andalas, angkatan 2017-2020.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Desmawati, M. Gizi
Uncontrolled Keywords: Konsumsi kopi, GERD, mahasiswa
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RC Internal medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 09 Nov 2021 04:22
Last Modified: 09 Nov 2021 04:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/94223

Actions (login required)

View Item View Item