ASUHAN KEPERAWATAN ANSIETAS PADA TN. M DENGAN PENYAKIT JANTUNG DECOMP CORDIS DAN PENERAPAN RELAKSASI YOGA DI KAMPUNG LAPAI PADANG TAHUN 2021

Hidayati, Hidayati (2021) ASUHAN KEPERAWATAN ANSIETAS PADA TN. M DENGAN PENYAKIT JANTUNG DECOMP CORDIS DAN PENERAPAN RELAKSASI YOGA DI KAMPUNG LAPAI PADANG TAHUN 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover Dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
BAB V (Penutup & Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ansietas atau kecemasan merupakan respon alami sebagai tanda bahaya akan suatu hal yang tidak menyenangkan dan dapat terjadi pada siapa saja, tidak terkecuali terjadi pada klien dengan penyakit jantung decomp cordis. Dampak ansietas pada penyakit jantung dapat meningkatkan morbiditas dan mortalitas. Salah satu penatalaksanaan ansietas non farmakologi pada klien dengan penyakit jantung yaitu dengan relaksasi yoga. Yoga terbukti aman dilakukan bagi klien penyakit jantung, tidak menimbulkan efek samping, murah dan mudah dilakukan dengan menyesuaikan kemampuan. Yoga dapat meningkatkan banyak neurotransmiter dan hormon seperti GABA (gamma aminobutyric acid), serotonin, dan dopamin. Semua ini adalah anti depresan alami. Tujuan studi kasus ini adalah untuk membahas asuhan keperawatan ansietas pada Tn. M dengan penyakit jantung decomp cordis dan penerapan relaksasi yoga di kampung Lapai Padang. Metode yang dilakukan dimulai dengan pengkajian, analisa data, diagnosa keperawatan, intervensi, implementasi, dan evaluasi. Hasil asuhan keperawatan dengan memberikan terapi generalis dan relaksasi yoga menunjukkan bahwa skor ansietas menurun dari 27 menjadi 21 di ukur dengan HARS (Hamilton Anxiety Rating Scale). Banyak tanda gejala yang menurun seperti perasaan ansietas klien, gangguan tidur, gejala kardiovaskuler dan gejala otonom. Diharapkan kepada klien dengan penyakit jantung decomp cordis dapat menurunkan kecemasan dengan menerapkan penggunaan relaksasi yoga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Dewi Eka Putri, M. Kep, Sp. Kep. J
Uncontrolled Keywords: Ansietas, Penyakit Jantung, Decomp Cordis, Yoga
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 01 Nov 2021 04:11
Last Modified: 01 Nov 2021 04:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/93815

Actions (login required)

View Item View Item