PERAN WORD OF MOUTH DALAM MEMBENTUK FANATISME MASYARAKAT KOTA PADANG PADA BATU AKIK

AHMED, SANJAYA (2016) PERAN WORD OF MOUTH DALAM MEMBENTUK FANATISME MASYARAKAT KOTA PADANG PADA BATU AKIK. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran word of mouth dalam membentuk fanatisme masyarakat Kota Padang pada batu akik. Word of mouth atau komunikasi dari mulut ke mulut merupakan bagian dari komunikasi interpersonal yang berisikan pesan-pesan yang bersifat mengajak atau persuasif seseorang untuk merubah sikapnya sesuai pesan yang diterimanya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pendekatan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Padang yang fanatik pada batu akik yang dibagi kedalam dua bagian yaitu informan komunikator dan informan komunikan. Untuk mendapatkan informan, peneliti menggunkan teknik purposive sampling. Untuk mengetahui peran word of mouth dalam membentuk fanatisme masyarakat Kota Padang pada batu akik, peneliti menggunakan teori pertimbangan sosial atau social judgment theory yang dipopulerkan oleh Muzafier Sherif. Peneliti menggunakan triangulasi sumber dalam teknik validitas data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran word of mouth memiliki peran yang sangat kuat dalam merubah sikap masyarakat Kota Padang yang awalnya hanya sekedar suka dengan batu akik menjadi fanatik pada batu akik. Perubahan sikap tersebut terjadi karena adanya proses komunikasi word of mouth berupa, pesan-pesan yang bersifat mengajak untuk menggunakan batu akik dan ada juga informasi-informasi yang menarik seputar batu akik. Adanya rasa percaya terhadap pesan yang diterima karena yang menyampaikan pesan tersebut adalah orang yang memiliki kredibilitas tinggi pada batu akik. Selain itu juga ada persamaan pemahaman tentang batu akik yang diawali oleh proses pertimbangan terhadap pesan yang diterima sehingga terjadi perubahan sikap menjadi fanatik pada batu akik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 23 May 2016 06:43
Last Modified: 23 May 2016 06:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/9373

Actions (login required)

View Item View Item