INOVASI TRANSPORTASI OJEK BERBASIS COMPUTER MEDIATED COMMUNICATION PADA APLIKASI MOBILE GO-JEK (Studi Deskriptif Layanan Aplikasi Mobile di PT. GO-JEK Indonesia)

Ryan, Masri (2016) INOVASI TRANSPORTASI OJEK BERBASIS COMPUTER MEDIATED COMMUNICATION PADA APLIKASI MOBILE GO-JEK (Studi Deskriptif Layanan Aplikasi Mobile di PT. GO-JEK Indonesia). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
FULL SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PT. GO-JEK Indonesia merupakan perusahaan penyedia jasa teknologi bagi layanan transportasi armada ojek motor. Aplikasi mobile GO-JEK dengan jiwa sosialnya bermitra dengan ribuan ojek terpercaya untuk melayani transportasi, kurir instan, belanja dan lain-lain tercepat di beberapa kota besar di Indonesia. Penelitian ini membahas proses difusi dari aplikasi mobile GO-JEK dengan memberikan pelayanan melalui teknologi komunikasi seperti smartphone. Teori difusi inovasi merupakan teori yang berhubungan dengan bagaimana sebuah ide, gagasan, atau objek yang dinilai baru oleh seseorang atau bagian dari unit adposi bisa menerima inovasi tersebut. GO-JEK menjadi sebuat inovasi yang hadir untuk menjawab permasalahan yang hadir ditengah masyarakat dengan dimediasikan kehadiran teknologi komunikasi yang sudah berkembang. Hal tersebut memperbantukan teori Computer-mediated Communication dengan membentuk sebuah komunikasi yang termediasikan oleh media komputer tanpa memerlukan tatap muka secara langsung. Informan penelitian terdiri dari empat orang yang terdiri dari karyawan, driver, dan dua orang pengguna setia aplikasi mobile GO-JEK.Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitian ini dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kehadiran aplikasi ini sudah membatu masyarakat dalam berkatifitas terkhusus untuk pengguna ojek (taksi roda dua) dengan pelayanan yang dihadirkan seperti GO-RIDE, GO-SEND, GO-FOOD, GO-MART, dll. Terlihat motif pelanggan menggunakan aplikasi ini karena adanya transparansi harga, praktis, dan memiliki tingkat kenyamanan yang tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 23 May 2016 06:29
Last Modified: 23 May 2016 06:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/9367

Actions (login required)

View Item View Item