ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA LANSIA Ny.S DENGAN RESIKO JATUH MELALUI PENERAPAN BALANCE EXERCISE DI RT 04 RW 02 KELURAHAN GUNUNG GAJAH LAHAT KECAMATAN LAHAT TAHUN 2021

Budi, Yuniarto (2021) ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA LANSIA Ny.S DENGAN RESIKO JATUH MELALUI PENERAPAN BALANCE EXERCISE DI RT 04 RW 02 KELURAHAN GUNUNG GAJAH LAHAT KECAMATAN LAHAT TAHUN 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Judul Absrak Fix.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB 1 (1).pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V (1).pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (3).pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
KIA_Budi Yuniarto.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Proses penuaan yang umumnya terjadi pada lansia, dapat mengakibatkan bermacam masalah antara lain terjadinya penurunan kemampuan fisik dalam menjaga keseimbangan tubuh sehingga lansia akan sangat beresiko mengalami jatuh. Resiko jatuh pada lansia dapat terjadi antara lain akibat faktor Intrinsik yaitu faktor dalam diri seseorang antara karena adanya penyakit akut, gangguan sistem sensori, gangguan susunan syaraf (neuropati perifer, gangguan system gerak ekremitas bawah). Dan juga faktor ektrinsik yaitu faktor yang berasal dari luar atau lingkungan. Pada pasien kelolaan didapatkan belum optimalnya perawatan dan peran keluarga dalam merawat pasien yang mengalami gangguan keseimbangan dengan resiko jatuh. Untuk meningkatkan keseimbangan pasien guna mengurangi resiko jatuh perlu dilakukan asuhan keperawatan yang tepat. Salah satu upaya yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan keseimbangan guna mengurangi resiko jatuh pada lansia yaitu dengan melalukan Latihan keseimbangan atau balance exercise. Tujuan dari laporan ini yaitu untuk memberikan gambaran tentang pelaksanaan asuhan keperawatan yang komprehensif terhadap lansia dengan resiko jatuh. Pemberian latihan keseimbangan atau balance exercise pada lansia untuk mengurangi resiko jatuh sangat efektif. Hal ini dapat dilihat dengan menggunakan pengukuran balance berg scale (BBS). Pada awal pengukuran BBS di dapatkan skor 30 dan setelah dilakukan evaluasi pada pengukuran diakhir pertemuan didapatkan skor 50 dari skor tertinggi 56. Sebagai saran untuk keluarga dengan lansia yang mengalami resiko jatuh agar keluarga lebih berperan aktif utnuk mengurangi berbagai macam faktor resiko terutama faktor resiko dari luar diri atau lingkungan. Sehingga kejadian jatuh pada lansia dapat dicegah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Gusti Sumarsih, S.Kp., M. Biomed.
Uncontrolled Keywords: Lanjut Usia, Resiko Jatuh, Balance Exercise
Subjects: R Medicine > RT Nursing
R Medicine > RV Botanic, Thomsonian, and eclectic medicine
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 28 Oct 2021 08:19
Last Modified: 28 Oct 2021 08:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/93640

Actions (login required)

View Item View Item