ASUHAN KEPERAWATAN KOMUNITAS TENTANG PEMBERIAN PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN PRAKTIK REMAJA PUTRI DI MAN 1 PADANG PANJANG TERHADAP PEMERIKSAAN SADARI TAHUN 2021

Weni, Zuryati (2021) ASUHAN KEPERAWATAN KOMUNITAS TENTANG PEMBERIAN PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN PRAKTIK REMAJA PUTRI DI MAN 1 PADANG PANJANG TERHADAP PEMERIKSAAN SADARI TAHUN 2021. Diploma thesis, universitas andalas.

[img]
Preview
Text (COVER ABSTRAK)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
Bab 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
Bab Akhir.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img] Text (KTI FULL)
KTI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Salah satu upaya untuk mengendalikan angka kejadian kanker payudara adalah dengan melakukan pencegahan primer seperti pengendalian factor risiko yaitu dengan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI). Remaja merupakan kelompok sasaran promotif dan preventif kejadian kanker payudara dengan memberikan pendidikan dimana SADARI merupakan upaya untuk deteksi dini kanker payudara. Karya Ilmiah Akhir ini memberikan pendidikan kesehatan tentang Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) dengan media audiovisual terhadap remaja putri di MAN 1 Padang Panjang dam upaya deteksi dini kanker payudara. Pemberian asuhan dilakukan mulai tanggal 15 Februari- 6 Maret 2021. Pengambilan data melalui winshield survey dan kuisioner pre-test dan post-test. Pendidikan kesehatan ini diikuti oleh remaja putri MAN 1 Padang Panjang berjumlah 13 orang. Hasil akhir pemberian asuhan keperawatan terdapat peningkatan pengetahuan, sikap dan praktik pada remaja putri, yang dievaluasi menggunakan kuisioner post-test melalui google form. Berdasarkan hasil kuisioner pre-test didapatkan 15,4% pengetahuan baik menjadi 100% pengetahuan baik. Sedangkan kuisioner pre-test sikap didapatkan 76.9% sikap negative menjadi 84.6% bersikap positif. Serta kuisioner pre-test praktik didapatkan 92,3% tidak terampil menjadi 84.6% terampil. Diharapkan kepada guru untuk mengevaluasi kembali remaja yang sudah mendapatkan pendidikan kesehatan tentang SADARI melalui UKS sehingga dapat meningkatkan deteksi dini kanker payudara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Fitra Yeni S.Kp, MA
Uncontrolled Keywords: Audiovisual, Pengetahuan, Sikap, Praktik, SADARI
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 29 Oct 2021 02:51
Last Modified: 29 Oct 2021 02:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/93636

Actions (login required)

View Item View Item