ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA LANSIA NY. M DENGAN OSTEOARTHRITIS MELALUI PENERAPAN LATIHAN GERAK SENDI LUTUT TERHADAP NYERI DI DUSUN V DESA AIR TELUK HESSA KECAMATAN AIR BATU KABUPATEN ASAHAN TAHUN 2021

Edisyah, Putra Sambas (2021) ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA LANSIA NY. M DENGAN OSTEOARTHRITIS MELALUI PENERAPAN LATIHAN GERAK SENDI LUTUT TERHADAP NYERI DI DUSUN V DESA AIR TELUK HESSA KECAMATAN AIR BATU KABUPATEN ASAHAN TAHUN 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
Cover + Abstrak_edisyah Putra Sambas_KIA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Bab I_Edisyah Putra Sambas_KIA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
Bab V_Edistah Putra Sambas_KIA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pusaka)
Daftar Pustaka_Edisyah Putra Sambas_KIA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
KIA_Edi_OA_ Lengkap watermark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pendahuluan : Menua adalah proses alamiah yang dialami oleh semua manusia ditandai dengan penurunan kapasitas dan fungsi jaringan tubuh. Perubahan terjadi pada semua sistem dalam tubuh salah satunya sistem muskuloskeletal. Salah satu penyakit pada sistem musculoskeletal yang sering ditemukan pada lansia adalah osteoarthritis. Osteoarthritis (OA) adalah salah satu penyakit kronis yang paling umum terjadi dan penyebab utama dari rasa nyeri dan cacat yang menurunkan status kesehatan. Nyeri lutut merupakan gejala dari osteathritis. Pada Lansia kelolaan didapatkan masalah keperawatan yaitu ketidakefektifan manajemen kesehatan keluarga dan gangguan mobilitas fisk sehingga diperlukan penanganan dan asuhan keperawatan yang tepat dan komprehensif. Latihan gerak sendi lutut merupakan salah satu gerakan yang dapat mengurangi nyeri pada lansia dan meringankan rasa berat pada kaki. Tujuan : Dapat memberikan gambaran pelaksanaan asuhan keperawatan komprehensif terhadap lansia dengan masalah nyeri osteoarthritis dengan pendekatan proses keperawatan. Hasil : Setelah Pemberian asuhan keperawatan latihan gerak sendi lutut selama 12 hari terjadi penurunan tingkat nyeri pada lansia dan mengurangi rasa berat pada kaki lansia dibuktikan dengan penurunan skala Numeric Rating Scale (NRS) dari skala 4 menjadi 2. Kesimpulan : Diharapkan kepada wilayah puskesmas untuk lebih meningkatkan kegiatan pada posyandu lansia seperti mengadakan latihan fisik pada lansia dan kepada lansia dan keluarga agar melakukan latihan gerak sendi lutut secara rutin 2 kali sehari agar rasa nyeri lutut menjadi berkurang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Rika Sabri, S.Kp., M.Kes., Ns., Sp.Kep.Kom.
Uncontrolled Keywords: Lansia, Nyeri, Gerak Sendi Lutut
Subjects: R Medicine > RT Nursing
R Medicine > RV Botanic, Thomsonian, and eclectic medicine
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 28 Oct 2021 07:52
Last Modified: 28 Oct 2021 07:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/93562

Actions (login required)

View Item View Item