ASUHAN KEPERAWATAN DEMAM PADA AN. Z DENGAN PEMBERIAN KOMPRES CUKA APEL HANGAT UNTUK MENURUNKAN SUHU TUBUH DI KECAMATAN GUNUNG SARIK

Sri, Rahma Yanti (2021) ASUHAN KEPERAWATAN DEMAM PADA AN. Z DENGAN PEMBERIAN KOMPRES CUKA APEL HANGAT UNTUK MENURUNKAN SUHU TUBUH DI KECAMATAN GUNUNG SARIK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full text)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dampak demam dapat menyebabkan kejang demam, dehidrasi, dan kerusakan pada syaraf. Penanganan peningkatan suhu tubuh anak dapat dilakukan dengan dua manajemen, yaitu pemberian obat antipiretik (farmakologi) dan non farmakologi. Salah satu metode lainnya yaitu dengan pemberian kompres cuka apel hangat. Pemberian kompres cuka apel hangat pada anak menunjukkan hasil yang signifikan dalam menurunkan suhu tubuh anak, karena kompres cuka ini tidak menimbulkan alergi bahkan membuat tubuh anak menjadi segar dan nyaman jika lebih banyak digunakan sebagai kompres. Tujuan penulis karya tulis ilmiah akhir ini adalah mendeskripsikan asuhan keperawatan demam pada an.Z dengan pemberian kompres cuka apel hangat untuk menurunkan suhu tubuh di kecamatan gunung sarik. Penelitian ini menggunakan study kasus pada anak demam yang dirawat di rumah, mulai tanggal 4 -6 Maret 2021. Responden dalam penelitian ini adalah An.Z berusia 2 tahun. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, pemeriksaan fisik dan lembar observasi. Setelah dilakukan pengkajian didapatkan 3 diagnosa masalah keperawatan yaitu hipertermi, gangguan rasa nyaman dan defisiensi pengetahuan. Setelah dilakukan pemberian kompres cuka apel hangat didapatkan bahwa kompres cuka apel hangat dapat menurunkan suhu tubuh An.Z yang mengalami demam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Deswita, S.Kp, M.Kep, Sp.Kep.An
Uncontrolled Keywords: Anak, Demam, Kompres Cuka Apel Hangat
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 01 Nov 2021 08:05
Last Modified: 01 Nov 2021 08:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/93436

Actions (login required)

View Item View Item