ASUHAN KEPERAWATAN ANSIETAS PADA NY. S DENGAN HIPERTENSI DAN PENERAPAN SEFT (SPRITUAL EMOTIONAL FREEDOM TECHNIQUE) DI PASAMAN BARAT TAHUN 2021

Rova, Elmi (2021) ASUHAN KEPERAWATAN ANSIETAS PADA NY. S DENGAN HIPERTENSI DAN PENERAPAN SEFT (SPRITUAL EMOTIONAL FREEDOM TECHNIQUE) DI PASAMAN BARAT TAHUN 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (904kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
KIA BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
KIA BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
KIA DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (611kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
KARYA ILMIAH AKHIR _ROVA ELMI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Hipertensi atau tekanan darah tinggi sering disebut sebagai “Sillent Killer” yang berakibat fatal jika tidak dikontrol dan tidak dapat disembuhkan, sehingga berdampak secara fisik dan dapat mempengaruhi kondisi psikologis kecemasan penderita. Dimana kecemasan akan berpengaruh pada kualitas hidup penderita. Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengatasi kecemasan dapat dicapai dengan pengobatan farmakologi maupun nonfarmakologi. Intervensi secara non farmakologi atau secara mandiri salah satunya adalah Terapi spiritual emotional freedom technique (SEFT). Tujuan dari karya ilmiah ini adalah untuk memberikan asuhan keperawatan secara menyeluruh pada klien dengan ansietas dan penerapan SEFT (Spritual Emotional Freedom Technique). Pelaksanaan asuhan keperawatan ini dilakukan pada tanggal 16 Februari – 27 Februari 2021. Hasil asuhan keperawatan terjadinya penurunan skor dengan menggunakan skala HARS (Hamilton Rating Scale Anxiety). Sebelum dilakukan tindakan keperawatan skor 26 (ansietas sedang) dan sesudah dilakukan tindakan keperawatan skor menjadi 17 (ansietas ringan). Diharapkan hasil karya ilmiah ini dapat menjadi bahan informasi dan acuan bagi pelayanan kesehatan dalam mengatasi ansietas pada penderita hipertensi dengan menerapkan terapi Spritual Emotional Freedom Technque (SEFT) sehingga dapat meningkatkan pelayanan kesehatan yang maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Feri Fernandes, M.Kep., Sp.Kep.J
Uncontrolled Keywords: Ansietas, Hipertenai, SEFT
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 26 Oct 2021 07:51
Last Modified: 26 Oct 2021 07:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/93216

Actions (login required)

View Item View Item