ASUHAN KEPERAWATAN PASIEN KANKER PARU DENGAN PENERAPAN TERAPI MUSIK DAN DEEP BREATHING EXERCISE TERHADAP PENURUNAN NYERI, FREKUENSI NADI DAN NAFAS DIRUANGAN INTERNE PRIA RSUP DR M. DJAMIL PADANG

Gian, Dwi Putra (2021) ASUHAN KEPERAWATAN PASIEN KANKER PARU DENGAN PENERAPAN TERAPI MUSIK DAN DEEP BREATHING EXERCISE TERHADAP PENURUNAN NYERI, FREKUENSI NADI DAN NAFAS DIRUANGAN INTERNE PRIA RSUP DR M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img] Text (Kia Fulltext)
KIA FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kanker adalah penyakit yang sangat kompleks dan menjadi penyebab kematian tertinggi didunia. Kanker paru menjadi kanker penyebab kematian kedua tertinggi setelah kanker payudara. Nyeri dan sesak nafas merupakan keluhan yang sering terjadi pada pasien kanker paru. tindakan yang terbukti ampuh dalam mengatasi nyeri adalah menggunakan terapi analgesic, namun memiliki banyak efek samping. Salah satu alternative yang dapat digunakan dalam mengatasi nyeri dan sesak nafas adalah terapi non farmakologis yaitu dengan menerapkan terapi musik dan deep breathing exercise. Tujuan penulisan karya ilmiah akhir ini adalah memberikan asuhan keperawatan pada pasien serta mengetahui pengaruh aplikasi Evidence Based Nursing dengan penerapan Terapi Musik dan Deep Breathing Exercise untuk mengurangi nyeri, penurunan frekuensi nadi dan napas pada pasien kanker paru. Metode penulisan pada karya tulis ini adalah studi kasus pelaksanaan asuhan keperawatan dan penerapan EBN. Implementasi pemberian terapi musik dan DBE dilakukan selama 20 menit dengan menggunakan headphone. Setelah dilakukan implementasi kepada pasien didapatkan hasil adanya penurunan skala nyeri menurut pengukuran Nurmerik Rating Scale. Dengan demikian, disarankan kepada perawat dapat menerapkan pemberian terapi musik dan DBE sebagai terapi non farmakologis untuk mengurangi nyeri dan sesak nafas pada pasien kanker paru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hema Malini, S.Kp, MN. Ph.D
Uncontrolled Keywords: Terapi Musik, Deep Breathig Exercise, Nyeri, Kanker Paru
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 22 Oct 2021 03:29
Last Modified: 22 Oct 2021 03:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/93091

Actions (login required)

View Item View Item