Identifikasi dan Klasifikasi Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas dengan Metode Cluster Analysis

Sari, Kurnia Ilahi (2021) Identifikasi dan Klasifikasi Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas dengan Metode Cluster Analysis. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
BAB akhir.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kecelakaan lalu lintas merupakan suatu peristiwa jalan yang tidak diduga dan tidak disengaja yang melibatkan kendaraan dengan atau tanpa pengguna jalan lain yang mengakibatkan korban manusia dan atau kerugian harta benda. Melihat Kota Padang yang menjadi pusat kegiatan nasional, membuat banyak para pendatang datang ke Kota Padang dan mengakibatkan volume kendaraan meningkat hingga berakibat pada meningkatnya angka kecelakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasikan jenis dan penyebab kecelakaan lalu lintas di Kota Padang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode cluster analysis dimana faktor penyebab kecelakaan akan diklasifikasikan berdasarkan cluster dan disajikan dalam bentuk bagan pohon (dendogram). Analisis data berupa kesimpulan dari hasil penyebaran kuesioner yang berisi pertanyaan tentang pengalaman kecelakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik penyebab kecelakaan lalu lintas yang sering terjadi adalah kecelakaan ringan, berusia 18-27 tahun, mengalami cedera ringan, dan kendaraan yang dipakai saat kecelakaan adalah motor. Faktor manusia yang paling dominan menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas adalah pengendara yang sering disalip oleh kendaraan lain. Untuk faktor kendaraan sendiri kecelakaan sering terjadi akibat pengendara sering tidak menghidupkan lampu sen saat berbelok. Untuk faktor lingkungan dan cuaca, kecelakaan di persimpangan dan cuaca hujan menjadi penyebab tertinggi dalam kecelakaan. Untuk faktor jalan didominasi oleh jalan licin, berlubang dan lurus. Kata Kunci : kecelakaan lalu lintas, Analisis Cluster, identifikasi, klasifikasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Purnawan, Ph.D
Uncontrolled Keywords: kecelakaan lalu lintas, Analisis Cluster, identifikasi, klasifikasi
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 12 Oct 2021 07:52
Last Modified: 12 Oct 2021 07:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/92835

Actions (login required)

View Item View Item