PERILAKU MAMAK DALAM PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL UNTUK BERKOMUNIKASI DENGAN KEMENAKAN Studi Terhadap 7 Perantau Minangkabau Di Pasar Selasa Panam Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru

Rany, Claudia (2021) PERILAKU MAMAK DALAM PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL UNTUK BERKOMUNIKASI DENGAN KEMENAKAN Studi Terhadap 7 Perantau Minangkabau Di Pasar Selasa Panam Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
Naskah Skripsi Rany Claudia.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Media sosial merupakan media online yang memungkinkan penggunanya dapat berpartisipasi, berbagi dan menciptakan konten yang terhubung dalam suatu jaringan raksasa yaitu internet. Saat ini media sosial menjadi alternatif komunikasi di era digital yang memudahkan seseorang berkomunikasi dengan orang lain tanpa terhalang oleh tempat dan waktu, tidak terkecuali mamak yang juga memanfaatkan media sosial untuk berkomunikasi dengan kemenakan yang memiliki jarak tempat tinggal yang jauh.Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan perilaku mamak dalam penggunaan media sosial untuk berkomunikasi dengan kemenakan sehingga memunculkan apa saja perilaku mamak dalam penggunaan media sosial. Penelitian ini menggunakan teori Interaksionisme Simbolik yang dikemukakan oleh Herbert Blumer untuk menjelaskan perilaku mamak dalam penggunaan media sosial untuk berkomunikasi dengan kemenakan. Metode yang digunakan adalah metode campuran (mixed methods) dan tipe sequential explanatory. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan studi dokumen. Informan penelitian diambil dengan cara purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukan perilaku mamak dalam penggunaan media sosial yaitu, media sosial digunakan mamak untuk bekerja, berkomunikasi dengan keluarga, mengirim foto dan gambar, serta siang dan malam hari adalah waktu yang mamak gunakan untuk mengakses media sosial. Selain itu terdapat tema-tema komunikasi yang mamak sampaikan kepada kemenakan. Bertukar kabar, tradisi menyambut Ramadhan dan lebaran, menyampaikan masalah keluarga besar, pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Terdapat hambatan yang dimiliki mamak dalam berkomunikasi dengan menggunakan media sosial. Adaptasi mamak dalam transisi berkomunikasi. Kedekatan emosional dalam interaksi mamak dengan kemenakan. Gangguan jaringan internet serta biaya kuota internet.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Elfitra,M.Si
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Media Sosial, Perilaku Komunikasi, Hubungan Mamak dan Kemenakan
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 14 Oct 2021 06:34
Last Modified: 14 Oct 2021 06:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/84244

Actions (login required)

View Item View Item