HUBUNGAN ANTARA DURASI DAN POSTUR TUBUH SAAT DUDUK DENGAN KELUHAN NYERI MUSKULOSKELETAL PADA MAHASISWA KEPERAWATAN UNAND SELAMA PEMBELAJARAN ONLINE

Mawaddah, Turrahmah (2021) HUBUNGAN ANTARA DURASI DAN POSTUR TUBUH SAAT DUDUK DENGAN KELUHAN NYERI MUSKULOSKELETAL PADA MAHASISWA KEPERAWATAN UNAND SELAMA PEMBELAJARAN ONLINE. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahualuan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII Penutup)
BAB VII Penutup.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Keluhan muskuloskeletal terjadi karena sistem otot dan tulang mengalami masalah yang disebabkan oleh kesalahan kerja seperti durasi yang lama dan postur tubuh yang tidak sesuai. Pada mahasiswa keperawatan yang melakukan pembelajaran online dikarenakan pandemi Covid-19 ini menyebabkan durasi yang lama ketika duduk dan postur tubuh yang tidak sesuai dengan normalnya sehingga mengakibatkan keluhan nyeri muskuloskeletal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan durasi dan postur tubuh saat duduk dengan keluhan nyeri muskuloskeletal pada mahasiswa Fakultas Keperawatan Unand selama pembelajaran online. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan rancangan analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 29 Juni – 6 Juli 2021. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 85 responden dengan menggunakan Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan yaitu Nordic Body Map (NBM), dan Rapid Entire Body Assessment (REBA). Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara durasi saat duduk (p = 0,000) dengan keluhan nyeri musculoskeletal dan terdapat hubungan yang signifikan antara postur tubuh saat duduk (p = 0,002) dengan keluhan nyeri muskuloskeletal. Durasi dan postur tubuh saat duduk berkaitan erat dengan keluhan nyeri muskuloskeletal. Penelitian ini menyarankan kepada pihak institusi tentang metode yang tepat agar mencegah terjadinya keluhan nyeri musculoskeletal yang berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: 1. Elvi Oktarina, M.Kep, Ns.Sp.Kep.MB
Uncontrolled Keywords: keluhan muskuloskeletal, durasi, postur tubuh
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 28 Sep 2021 02:59
Last Modified: 28 Sep 2021 02:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/84190

Actions (login required)

View Item View Item