CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. PELINDO II PADA PROGRAM KEMITRAAN. (Studi Kasus CSR PT. Pelindo II Pada Pemberhentian Dana Usaha Sulam Bayang CV. Marini Bukittinggi).

Nada, Dova Resbu (2021) CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. PELINDO II PADA PROGRAM KEMITRAAN. (Studi Kasus CSR PT. Pelindo II Pada Pemberhentian Dana Usaha Sulam Bayang CV. Marini Bukittinggi). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (733kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I (1).pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA (3).pdf - Published Version

Download (432kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)

Abstract

ABSTRAK CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. PELINDO II PADA PROGRAM KEMITRAAN (Studi Kasus CSR PT. Pelindo II Pada Pemberhentian Dana Usaha Sulam Bayang CV. Marini Bukittinggi) Nada Dova Resbu 1610862005 Pembimbing: Dr. Sarmiati, M.Si Revi Marta M.I.Kom Penelitian ini menjelaskan perencanaan komunikasi pada PT. Pelindo II dalam pelaksanaan Corporate Social Responsibilty (CSR) melalui program kemitraan. PT. Pelindo II sebagai perusahaan yang berada di bawah kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) wajib melakukan kegiatan CSR dalam bentuk Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) sesuai dengan amanat keputusan menteri dan peraturan perundang-undangan. Namun pada implementasinya CSR PT. Pelindo II belum sepenuhnya dapat direalisaikan kepada anggota mitra, khususnya pada usaha CV. Marini Bukittinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perencanaan komunikasi dan menganalisis proses komunikasi pelaksanaan CSR yang dilakukan oleh PT. Pelindo II melalui program kemitraan. Penelitian ini menggunakan model perencanaan komunikasi Scoot M. Cultip dan Allen H. Center. Model tersebut memiliki empat komponen utama dalam penelitian ini yaitu, Penemuan Fakta (Fact Finding), Perencanaan (Planning), Aksi Komunikasi (Communication), dan Evaluasi (Evaluation). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program kemitraan yang dijalankan tidak terlaksana sesuai implementasi yang seharusnya. Itu semua karena kurangnya aksi komunikasi dalam pelaksanaan program, dikarenakan tidak adanya sosialisasi secara khusus oleh divisi PKBL kepada masyarakat, sehingga adanya kemacetan pembayaran pinjaman yang dilakukan anggota mitra yang beranggapan hutang tersebut tidak perlu untuk dikembalikan kepada perusahaan, sehingga mengakibatkan program kemitraan terhenti dan ikut dirasakan oleh mitra CV. Marini Bukittinggi. Kata kunci: Corporate Social Responsibilty, Program Kemitraan dan Bina Lingkungan, PT. Pelindo II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:38
Last Modified: 27 Sep 2021 04:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/83675

Actions (login required)

View Item View Item