Komunikasi Persuasif Pengurus Pos Pemberdayaan Keluarga (POSDAYA) dalam Pemberdayaan Lansia (Studi Fenomenologi Pengurus Posdaya Sumanik Sehat di Nagari Sumanik Kecamatan Salimpaung Tanah Datar)

Puti, Andam Sari (2021) Komunikasi Persuasif Pengurus Pos Pemberdayaan Keluarga (POSDAYA) dalam Pemberdayaan Lansia (Studi Fenomenologi Pengurus Posdaya Sumanik Sehat di Nagari Sumanik Kecamatan Salimpaung Tanah Datar). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (747kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (733kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (771kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Puti Andam Sari (1610862020).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (56MB)

Abstract

Posdaya didirikan sebagai wadah pemberdayaan yang bertujuan untuk memenuhi dan memperkuat fungsi keluarga terpadu dengan memaksimalkan potensi masyarakat sekitar. Salah satu faktor pendorong dalam mengoptimalkan potensi masyarakat adalah dengan komunikasi persuasif yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menggali jalannya komunikasi persuasif yang dilakukan oleh pengurus Posdaya Sumanik Sehat dalam mewujudkan pemberdayaan lansia di Nagari Sumanik. Untuk menganalisis sebuah fenomena komunikasi, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi melalui analisis data Interpretative Phenomenological Analysis. Selain itu, wawancara dan observasi terhadap pengurus Posdaya juga dilakukan untuk memperoleh data yang mendalam. Hasil penelitian menujukkan bahwa dalam berjalannya pelaksanaan komunikasi persuasif pengurus mengalami hambatan untuk memaksimalkan pemberdayaan lansia, yaitu lemahnya dukungan yang diberikan masyarakat sekitar. Kondisi ini berakar dari pola pikir masyarakat yang masih belum tersadarkan akan pentingnya pemberdayaan bagi kesejahteraan Nagari. Bagaimanapun, pengurus Posdaya telah melakukan rangkaian strategi komunikasi persuasif yang dikemukakan oleh DeFleur dan Ball Rokeach yaitu pendekatan piskodinamika, dimana pengurus memfokuskan untuk menjalin hubungan emosional dengan masyarakat. Pendekatan sosial, dimana pengurus menyesuaikan pesan yang disampaikan dengan lingkungan dan kultur sekitar. Pendekatan meaning of construct, merupakan usaha pengurus Posdaya dalam membentuk makna terhadap masyarakat agar dapat berperilaku sesuai yang dikehendaki pengurus Posdaya Sumanik Sehat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Emeraldy Chatra, M.I.Kom
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Persuasif, Posdaya, Pemberdayaan Lansia, Interpretative Phenomenological Analysis
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 23 Sep 2021 07:33
Last Modified: 23 Sep 2021 07:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/83084

Actions (login required)

View Item View Item