PEMBANGUNAN APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN PRIORITAS PENGADUAN PERBAIKAN KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN METODE TOPSIS PADA DINAS BINA MARGA KOTA PADANG

Vicky Ariga, Elsayrafl (2021) PEMBANGUNAN APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN PRIORITAS PENGADUAN PERBAIKAN KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN METODE TOPSIS PADA DINAS BINA MARGA KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI Penutup)
Bab 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
laporan tugas akhir fulll.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Jalan merupakan prasarana yang digunakan oleh pengguna transportasi darat untuk berpindah tempat dari wilayah satu ke wilayah lainnya. Saat ini banyak yang menggunakan transportasi sebagai alat penunjang kebutuhan mereka, sehingga banyak aktivitas yang terjadi disebuah jalan. Akibatnya yang ditimbulkan adalah jalan akan mengalami perubahan atau dapat rusak sesuai dengan berjalannya waktu. Dinas yang memiliki tugas untuk mengelola jalan di Kota Padang adalah Dinas Bina Marga Kota Padang, dimana tugas pokoknya adalah melakukan penelusuran terhadap jalan mana yang patut diperbaiki sesuai dengan urgensi dan kondisi jalan tersebut. Permasalahan yang dihadapi oleh Dinas Bina Marga Kota Padang dalam menjalankan tugasnya adalah sulitnya untuk mendapatkan informasi kondisi jalan terkini dikarenakan sistem untuk memonitoring jalan di Kota Padang masih manual dan untuk menentukan jalan mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu untuk diperbaiki di Kota Padang mengingat bahwa jalan yang rusak harus segera dikelola dan diperbaiki agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan dengan memanfaatkan pengaduan masyarakat Kota Padang untuk membantu Dinas Bina Marga Kota Padang dalam menentukan jalan mana yang patut untuk diperbaiki terlebih dahulu. Penelitian ini dilakukan untuk merancang dan membangun aplikasi sistem pendukung keputusan (SPK) yang bertujuan untuk menentukan prioritas pengaduan perbaikan kerusakan jalan di Kota Padang. Metode yang digunakan dalam membangun aplikasi sistem pendukung keputusan (SPK) ini adalah metode Technique For Others Preferences by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Alasan pemilihan metode TOPSIS untuk penelitian ini adalah karena perhitungan komputasinya lebih efektif, efisien dan cepat. Sehingga sistem yang akan dibangun dapat cepat menghasilkan keputusan mengingat urgensi perbaikan jalan sangat dibutuhkan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara, observasi, studi literatur dan analisis dokumen terkait penelitian ini. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu suatu model sistem pendukung keputusan untuk menentukan prioritas pengaduan perbaikan kerusakan jalan yang kemudian akan dibuatkan sebuah aplikasi berdasarkan hal tersebut. Kata kunci : Jalan, Sistem Pendukung Keputusan (SPK), Technique For Others Preferences by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 22 Sep 2021 04:41
Last Modified: 22 Sep 2021 04:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/82635

Actions (login required)

View Item View Item