PENGARUH PEMBERIAN AROMATERAPI JAHE (Zingiber officinale) MENGGUNAKAN INHALER STICK TERHADAP MUAL DAN MUNTAH PADA PASIEN KANKER PAYUDARA YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

MUTIA, DWI SAGITA (2021) PENGARUH PEMBERIAN AROMATERAPI JAHE (Zingiber officinale) MENGGUNAKAN INHALER STICK TERHADAP MUAL DAN MUNTAH PADA PASIEN KANKER PAYUDARA YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img] Text (TUGAS ILMIAH UTUH)
TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Mual muntah akibat efek dari kemoterapi pada kanker payudara masih menjadi masalah utama yang mengganggu proses pengobatan. Efek mual muntah pasca kemoterapi dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada pasien selama menjalani pengobatan. Perlunya terapi komplementer untuk mengatasi mual muntah akibat efek kemoterapi, salah satu terapi komplementer yang aman dan mudah diaplikasikan yaitu dengan pemberian aromaterapi jahe menggunakan inhaler stick. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian aromaterapi jahe (Zingiber officinale) menggunakan inhaler stick terhadap mual muntah pada pasien kanker payudara yang menjalani kemoterapi. Metode penelitian yaitu Quasi eksperimen pre-post test without control group design. Jumlah sampel penelitian ini 22 orang dengan metode pengambilan sampel yaitu menggunakan tehnik consecutive sampling. Penelitian dimulai dari bulan Januari sampai Juni 2021. Analisa data menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian adanya penurunan nilai rata-rata mual muntah 16,966 saat pre-test menjadi 14,784 saat post-test. Terdapat pengaruh pemberian aromaterapi jahe (Zingiber officinale) menggunakan inhaler stick terhadap mual muntah pada pasien kanker payudara yang menjalani kemoterapi (p=value 0,000). Diharapkan pemberian aromaterapi jahe menggunakan inhaler stick dapat dijadikan sebagai salah satu intervensi keperawatan pada pasien yang mengalami mual muntah yang menjalani kemoterapi.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Meri Neherta, S.Kep., M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Aromaterapi Jahe, Inhaler Stick, Mual Muntah, Kemoterapi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 23 Sep 2021 03:54
Last Modified: 23 Sep 2021 03:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/82504

Actions (login required)

View Item View Item