PERBEDAAN TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DENGAN EDUKASI MELALUI METODE PENYULUHAN DAN PERMAINAN SIMULASI DI SMA N 4 KOTA PADANG

Dwiesfiza, Muharawita (2021) PERBEDAAN TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DENGAN EDUKASI MELALUI METODE PENYULUHAN DAN PERMAINAN SIMULASI DI SMA N 4 KOTA PADANG. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak WM-converted.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan)-converted.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Kesimpulan))
BAB Akhir (Kesimpulan)-converted.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA-converted.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
TESIS S2 KESMAS AN. DWIESFIZA.M.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan metode penyuluhan dan permainan simulasi terhadap tingkat pengetahuan siswa tentang kesehatan reproduksi. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen (quasi experimental) dengan rancangan non-randomized control group pre-test-post-test. Penelitian ini dilakukan di SMAN 4 Kota Padang dengan besar sampel sebanyak 60 orang yang memenuhi kriteria inklusi dengan systematic random sampling. Sampel dibagi dua kelompok yaitu kelompok dengan metode penyuluhan dan kelompok metode permainan simulasi. Tingkat pengetahuan dinilai dengan sistem skor, kemudian data dianalisa dengan menggunakan uji-t tidak berpasangan (independent). Hasil penelitian ini menunjukkan metode permainan simulasi meningkatkan skor pengetahuan. Retensi pengetahuan siswa setelah 3 hari dan 1 minggu intervensi dengan permainan simulasi meningkatkan skor pengetahuan siswa secara bermakna (p<0,05). Metode penyuluhan tidak meningkatkan skor pengetahuan siswa. Retensi pengetahuan siswa setelah 3 hari dan 1 minggu intervensi dengan metode penyuluhan juga tidak meningkatkan skor pengetahuan siswa. Tidak terdapat perbedaan selisih skor pengetahuan siswa pada metode penyuluhan dengan metode permainan simulasi (p>0,05), namun terdapat selisih skor pengetahuan siswa pada metode penyuluhan dan permainan simulasi setelah 3 hari dan 1 minggu intervensi (p<0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan kesehatan reproduksi remaja mengalami peningkatan dengan diberikan edukasi melalui metode permainan simulasi dibandingkan dengan metode penyuluhan.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: dr. Hardisman, M.HID, Dr.PH
Uncontrolled Keywords: metode penyuluhan, metode permainan simulasi, pengetahuan kesehatan reproduksi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 24 Sep 2021 02:08
Last Modified: 24 Sep 2021 02:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/82255

Actions (login required)

View Item View Item