Dwiesfiza, Muharawita (2021) PERBEDAAN TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DENGAN EDUKASI MELALUI METODE PENYULUHAN DAN PERMAINAN SIMULASI DI SMA N 4 KOTA PADANG. Masters thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak WM-converted.pdf - Published Version Download (44kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan)-converted.pdf - Published Version Download (126kB) | Preview |
|
|
Text (BAB Akhir (Kesimpulan))
BAB Akhir (Kesimpulan)-converted.pdf - Published Version Download (37kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA-converted.pdf - Published Version Download (115kB) | Preview |
|
Text (Tesis Full Text)
TESIS S2 KESMAS AN. DWIESFIZA.M.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan metode penyuluhan dan permainan simulasi terhadap tingkat pengetahuan siswa tentang kesehatan reproduksi. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen (quasi experimental) dengan rancangan non-randomized control group pre-test-post-test. Penelitian ini dilakukan di SMAN 4 Kota Padang dengan besar sampel sebanyak 60 orang yang memenuhi kriteria inklusi dengan systematic random sampling. Sampel dibagi dua kelompok yaitu kelompok dengan metode penyuluhan dan kelompok metode permainan simulasi. Tingkat pengetahuan dinilai dengan sistem skor, kemudian data dianalisa dengan menggunakan uji-t tidak berpasangan (independent). Hasil penelitian ini menunjukkan metode permainan simulasi meningkatkan skor pengetahuan. Retensi pengetahuan siswa setelah 3 hari dan 1 minggu intervensi dengan permainan simulasi meningkatkan skor pengetahuan siswa secara bermakna (p<0,05). Metode penyuluhan tidak meningkatkan skor pengetahuan siswa. Retensi pengetahuan siswa setelah 3 hari dan 1 minggu intervensi dengan metode penyuluhan juga tidak meningkatkan skor pengetahuan siswa. Tidak terdapat perbedaan selisih skor pengetahuan siswa pada metode penyuluhan dengan metode permainan simulasi (p>0,05), namun terdapat selisih skor pengetahuan siswa pada metode penyuluhan dan permainan simulasi setelah 3 hari dan 1 minggu intervensi (p<0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan kesehatan reproduksi remaja mengalami peningkatan dengan diberikan edukasi melalui metode permainan simulasi dibandingkan dengan metode penyuluhan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Primary Supervisor: | dr. Hardisman, M.HID, Dr.PH |
Uncontrolled Keywords: | metode penyuluhan, metode permainan simulasi, pengetahuan kesehatan reproduksi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana (S2) |
Depositing User: | s2 kesehatan masyarakat |
Date Deposited: | 24 Sep 2021 02:08 |
Last Modified: | 24 Sep 2021 02:08 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/82255 |
Actions (login required)
View Item |