PENGARUH LATIHAN LIMA JARI TERHADAP KECEMASAN PADA PASIEN PRE OPERASI LAPARATOMI DI RUANG RAWAT INAP RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

Nirwanida, Nirwanida (2021) PENGARUH LATIHAN LIMA JARI TERHADAP KECEMASAN PADA PASIEN PRE OPERASI LAPARATOMI DI RUANG RAWAT INAP RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstract.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img] Text (skripsi Fulltext)
Skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pasien pre operasi laparatomi sering mengalami kecemasan sebelum dilakukan tindakan operasi. Kecemasan pada pasien pre operasi harus diatasi karena dapat menimbulkan perubahan perubahan terutama psikis yang berpengaruh terhadap tingkat kecemasan pasien pre op laparatomi sehingga akan menghambat dilakukannya tindakan operasi. Sehingga dibutuhkan intervensi untuk mengatasi kecemasan pasien dengan melakukan latihan lima jari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Latihan Lima Jari Terhadap Kecemasan Pada Pasien Pre Operasi Laparatomi di Ruang Rawat Inap RSUP Dr. M. Djamil Padang. Penelitian ini dilakukan di Ruang Rawat Inap RSUP Dr. M.Djamil Padang dari Agustus 2020 – Januari 2021. Penelitian ini menggunakan desain pre eksperimen dengan desain one group pre and post-test yang dilakukan pada 15 responden. Tingkat kecemasan pasien dinilai menggunakan kuesioner HARS. Hasil dari penelitian ini di dapatkan bahwa terdapat pengaruh latihan lima jari terhadap kecemasan pada Pasien Pre Operasi Laparatomi di Ruang Rawat Inap RSUP Dr. M. Djamil Padang dengan perbedaan rata-rata tingkat kecemasan sebelum dan sesudah intervensi yaitu 11,40. Tehnik lima jari dijadikan sebagai satu kemampuan perawat untuk melakukan pengelolaan kecemasan pada pasien pre operasi dan dapat memanfaatkan latihan lima jari untuk mengatasi atau mengurangi kecemasan saat akan menghadapi operasi sebagai salah satu cara yang aman dan mudah untuk dilakukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Dewi Eka Putri, M.Kep., Sp.Kep.J
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 04 Oct 2021 03:34
Last Modified: 04 Oct 2021 03:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/82096

Actions (login required)

View Item View Item