Muhammad, Rizky (2021) Perancangan Ulang Strategi Industri Kecil dan Menengah Makanan pada Era New Normal (Studi Kasus: Usaha Roti Suci Mesra). Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (359kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (219kB) | Preview |
|
|
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (579kB) | Preview |
|
Text (TUGAS KARYA ILMIAH UTUH_MUHAMMAD RIZKY)
TUGAS KARYA ILMIAH UTUH_MUHAMMAD RIZKY.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Era new normal yang diakibatkan karena adanya virus COVID-19 telah mengubah tatanan masyarakat dunia. Pembatasan kontak fisik dan diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mengakibatkan banyak usaha, sekolah, dan tempat-tempat umum yang ditutup. Banyak organisasi menerapkan sistem bekerja di rumah atau yang dikenal juga sebagai Work Form Home (WFH). Hal ini mempengaruhi berbagai usaha bisnis salah satunya Usaha Roti Suci Mesra. Usaha Roti Suci Mesra merupakan salah satu Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang bergerak dalam industri makanan yang memproduksi roti. Berdasarkan hasil wawancara dengan pemilik diketahui bahwa dampak COVID-19 terhadap Usaha Roti Suci Mesra menyebabkan turunnya pendapatan. Hal ini dikarenakan terdapat penurunan permintaan dari pelanggan. Apabila penurunan ini dibiarkan secara terus menerus dapat menyebabkan kebangkrutan. Sehingga dibutuhkan perancangan strategi yang bertujuan untuk meningkatkan keunggulan perusahaan serta terhindar dari kebangkrutan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang ulang strategi peningkatan usaha IKM makanan pada masa new normal di Usaha Roti Suci Mesra dengan menggunakan metode BMC, SWOT dan QSPM. Hasil SWOT menunjukkan posisi perusahaan berada pada kuadran IV yaitu tumbuh dan berkembang. Penelitian ini menghasilkan enam strategi yang dapat diterapkan pada Usaha RotiSuci Mesra agar dapat bertahan pada era new normal. Strategi yang dihasilkan yaitu memproduksi varian rasa baru dengan melakukan penelitian dan pengembangan, menggunakan media promosi dengan dua arah, meningkatkan hubungan baik dengan mitra dan supplier, bekerja sama dan membangun relasi dengan perusahaan makanan dan pelaksana event, menambah jumlah karyawan, dan memperluas area pemasaran. Penelitian ini diharapkan dapat membantu Usaha Roti Suci Mesra untuk meningkatkan usaha bisnis dan bertahan pada era new normal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Ir. Elita Amrina, Ph.D, IPU |
Uncontrolled Keywords: | BMC, IKM makanan, new normal, QSPM, strategi, SWOT. |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Fakultas Teknik > Industri |
Depositing User: | S1 Teknik Industri |
Date Deposited: | 07 Sep 2021 04:32 |
Last Modified: | 07 Sep 2021 04:32 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/81397 |
Actions (login required)
View Item |